Kanwil Yakinkan Komisi E DPRD Sulsel Pelaksanaan Haji Tahun Ini Lebih Baik

oleh

MAKASSAR, Suaralidik.com – Rapat dengar pendapat terkait persiapan pelaksanaan ibadah haji tahun 2017 Komisi E DPRD Prov Sulsel dengan seluruh stakeholder Penyelenggara Ibadah Haji tahun 2017 dilaksanakan di Aula pertemuan Komisi E Gedung DPRD Prov. Sulsel, Senin, (24/072017) berlangsung dari pukul 15.30 Wita sampai pukul 17:30 WITA

Rapat dengar pendapat terkait persiapan pelaksanaan ibadah haji tahun 2017 Komisi E DPRD Prov Sulsel dengan seluruh stakeholder Penyelenggara Ibadah Haji tahun 2017

Agenda RDP kali ini mendengarkan laporan kesiapan masing masing fihak yang terlibat langsung dalam pelaksanaan ibadah haji khususnya di Embarkasi Debarkasi haji Makassar.

Kakanwil Kemenag Sulsel H. Abd. Wahid Thahir menjelaskan bahwa PPIH Embarkasi Debarkasi haji Makassar SIAP melaksanakan Proses penyelenggaraan pemberangkatan dan pemulangan haji untuk musim haji 1438 H/216 M.

Tahun ini Makassar akan memberangkatkan 15.903 orang Jemaah calon haji yang tergabung dalam 35 Kloter yang berasal dari 8 propinsi yakni, Sulsel, Sulbar, Sultra, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Dan khusus untuk jemaah calon haji dari Prov. Sulsel sendiri sebanyak 7296 ditambah 15 orang mutasi masuk ke Sulsel jadi totalnya untuk Sulsel sebanyak 7311 orang JCH. Calon jemaah haji kloter pertama dan akan mulai masuk asrama haji pada tanggal 27 Juli dan diberangkatkan ke tanah suci pada tanggal 28 Juli 2017, Jelas Ka.Kanwil.

Dalam RDP tersebut Maskapai Garuda yang menjadi maskapai resmi yang digunakan Jemaah Haji Indonesia menyatakan bahwa fihaknya menyertakan 24 putera daerah sebagai pramugara(i) untuk memudahkan komunikasi dengan jemaah asal Indonesia Timur dan pelayanan selama di dalam pesawat, dan Fihak maskapai Garuda tahun ini akan menggunakan pesawat Airbus 747-400 yg memuat jemaah haji sebanyak 450 orang

Sementara pihak Polda Sulsel akan menurunkan 33 personil keamanan yg menggunakan sistem pengamanan tertutup dan terbuka, termasuk polisi lalu lintas dan pengamanan jalur pemberangkatan dan kedatangan jemaah haji ke asrama haji dan ke bandara.

Sementara itu, UPT Asrama Haji Sudiang Makassar H. Muh Nasir melaporkan bahwa saat ini Asrama Haji siap menampung sekitar 1500 jemaah atau sekitar 3 kloter. Apalagi dengan adanya 3 bangunan Wisma baru yg siap dan bisa menampung 650 orang jemaah haji plus fasilitas Mock Up pesawat Garuda. Nasir juga melaporkan bahwa Tahun ini sistem perparkiran beda dengan tahun sebelumnya, karena saat ini lokasi parkir berada di luar lokasi asrama haji.

Kadir Halid selaku ketua komisi dan 10 orang anggota DPRD komisi E lainnya hadir dengan peserta RDP diantaranya Pemprov Sulsel, Karo Kesra Pemprov, Kanwil Kemenag Sulsel, UPT Asrama Haji Sudiang, maskapai Haji Garuda Indonesia, Otorita Bandara, Beacukai, KKP, dinas Perhubungan, Kepolisian, Catering, Dinas Kesehatan Prov, Angkasa pura, imigrasi.

Kadir Halid selaku ketua komisi merasa yakin akan kesuksesan pelaksanaan haji tahun ini dan beliau menaruh Harapan besar dari DPRD Prov Sulsel Komisi E agar pelaksanaan dan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2017 ini bisa semakin baik terlebih dengan semakin meningkatnya sejumlah fasilitas bagi pelaksanaan jemaah haji kita tahun ini dan harapan besar semua fihak Embarkasi dan Debarkasi Makassar bisa kembali meraih predikat sebagai Embarkasi dan Debarkasi terbaik seperti tahun 2016 yang lalu. [WRD]