Kapal Batu Bara Terbakar di Bulukumba, Ini Kata Nahkodanya

oleh

BUKUKUMBA, Suaralidik.com – Kapal bermuatan batu bara yang terbakar di sekitar perairan Bulukumba pada, Selasa 25 Juli 2017 Siang, menyita banyak perhatian masyarakat, tentang apa penyebab kapal yang berangkat dari Kalimantan itu terbakar.

Terpantau hingga Selasa (25/7) malam, petugas pemadam kebakaran masih berjibaku berusaha memadamkan kobaran api dari dalam kapal.

Sementara Nahkoda (Chief) kapal, Rimba Cakramirawan yang ditemui Suaralidik.com menuturkan, bara api di awalnya terlihat sejak berangkat dari kalimantan, dan sekitar 3 hari diperjalanan, asap telah mengepul di kapal.

“Kami berlayar sudah selama 6 hari dari kalimantan hingga terpaksa sandar di Bulukumba akibat kejadian ini,” katanya.

Selain itu ia mengatakan, terpaksa berlabuh ke Pelabuhan Leppe, Bulukumba hanya untuk meringankan bara api yang terlanjur berkobar dalam kapal.

“Untuk memadamkan bara api yang sudah terlanjur mendasar di batu bara mungkin membutuhkan waktu berhari hari, makanya kami berlabuh di Pelabugan Leppe hanya untuk meringankan bara api saja kemudian lanjut ke tujuan,” jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya kapal TB Harlina 7 tersebut memuat batu bara sebanyak 7500 Ton, ditarik oleh Kapal TK (Tongkang) Sukowati dari Banjarmasin dengan tujuan Monokowari. (Rgl/ RED 4)