Kapolda Sulut Seriusi Tarkam Desa Pusian Vs Toruakat Langsung Terjunkan Tim Bimas Polda

oleh -
Warga yang terlibat Tarkam antara Desa Dumoga Vs Toruakat Bolmong nampak bersiap-siap di kawasan kebun kelapa

Bolmong, Suaralidik.Com –Kapolda Sulut sangat prihati dengan pertengkaran antar kampung (Tarkam) antara Warga Desa Dumoga dan Toruakat kecamatan Dumoga.

Kapolda Sulut Irjen Pol Irjen (Pol)  Remigius Sigid Tri Hardjanto langsung mengutus Tim Bimas Polda Sulut untuk menyelesaikan pertikaian dua desa bertetangga itu.

Tim dipimpin Kasubdit Dit Bimas AKBP Ruswan Buntuan, turut dalam rapat bersama warga Desa Toruakat, yang dipusatkan di Balai Desa Toruakat, Kamis (9/1/2020) siang.

Ruswan dalam arahannya mengatakan, pihaknya diperintah Kapolda Sulut untuk mencari solusi perdamaian.

“Kami harap warga di dua desa dapat menahan diri, tak usah mencari siapa yang benar siapa yang salah, yang kita upayakan adalah perdamaian,” ujarnya.

Mantan Kapolsek Sang Tombolang itu mengatakan bahwa pelaku kekerasan yang memicu tarkam sudah ditahan. Ia minta masyarakat untuk mempercayakan aparat kepolisian dalam menangani kasus tersebut.

“Kami akan usut tuntas,” kata Ruswan.

Ia menyatakan bahwa perselisihan hanya akan membawa akibat buruk bagi masyarakat. Banyak warga yang tidak bekerja akibat ikut tarkam.

“Aparat desa juga harus sering menasehati anak muda,” imbaunya.

Kepala Desa Toruakat Tomi Mokobela, meminta aparat untuk melakukan mediasi perdamaian antara dua desa.

“Razia miras juga harus dilakukan,” pintanya.

Tomi yang mewakili masyarakat, berharap pelaku penganiayaan yang jadi pemicu tarkam bisa diadili. Ia berharap aparat bakal ditambah.

“Kami minta penambahan aparat,” cetusnya.

Sementara itu, Kapolres Bolmong AKBP. Indra Pramana, SIK mengatakan, situasi sudah kondusif. Aparat keamanan masih melakukan penjagaan di perbatasan kedua desa.

“Nantinya akan ada penambahan pasukan dari Brimob Inuai, serta Shabara Polres Kotamobagu,” pungkasnya.(***Agus)

kpu BOLTIM
HUT Kabupaten Pinrang Ke-60