Kapolres Pangkep Mendadak Diganti, Warga Merasa Sedih

oleh
Bambang Wijanarko Dengan Penggantinya Tulus Sinaga Sebagai Kapolres Pangkep

Pangkep, Suaralidik.com – Belum genap setahun menjabat sebagai Kapolres Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) AKBP Bambang Wijanarko dimutasi ke Mapolda Sulsel dengan jabatan baru sebagai Pamen Polda Sulsel. dan digantikan oleh mantan Wakapolres Musirawas, Sumatera Selatan, AKBP Tulus Sinaga yang kini menjabat Pamen di Polda Sulsel.

Pergesaran jabatan ini sesuai dengan Surat Telegram Rahasia (STR) Kapolri Nomor ST/1679/VII/KEP./2018 yang dikeluarkan langsung dari Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri). Mutasi jabatan di lingkungan Polri merupakan hal normatif dan biasa terjadi , tujuannya yakni sebagai langkah organisasi Polri dalam bentuk upaya penyegaran dan strategi pengembangan karier serta proses pemantapan kepemimpinan.

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani saat dikonfirmasi membenarkan perihal adanya mutasi tersebut. Menurutnya, pergeseran jabatan ini merupakan penyegaran organisasi dalam tubuh Polri. Namun, Dicky enggan membeberkan perihal tersebut. Ia hanya mengaku ini adalah mutasi biasa saja.

“Itu hal biasa di internal Polri untuk penyegaran organisasi,” ucap Dicky Sondani, Jumat (7/7/2018)

AKBP Bambang Wijanaro dan Penggantinya AKBP Tulus Sinaga
Pergeseran jabatan yang terbilang cepat ini membuat haru para warga pangkep, pasalnya selama 8 bulan Bambang wijanarko telah melekat dihati masyarakat pangkep terlebih lagi program program yang telah dibuat polres pangkep begitu menyentuh hati masyarakat pangkep seperti seperti Police Care yang sering membantu masyarakat miskin untuk melakukan giat kemanusiaan kepada masyarakat Pangkep yang membutuhkan uluran tangan demi memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Program Police Care Menyantuni Kaum DhuafaBambang Wijanarko kerap kali bergabung dengan masyarakat umum melakukan silatuhrahmi dan mendengarkan keluh kesah masyarakat dengan program kamtibmas maka kami turun kelapangan dalam rangka sosialisasi kepada tokoh masyarakat, dengan upaya dapat merubah pola pikir masyarakat terhadap dampak pelanggaran hukum.

Silatuhrahmi dengan Masyarakat Pulau Tentang Pentingnya Menjaga Terumbu Karang
Sementra dibidang keagamaan Program gerakan polisi santri Satbinmas juga gencar dilakukan oleh jajaran Kepolisian Resort (Polres) Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) dibawah kepemimpinan Bambang Wijanarko, program polisi santri itu merupakan implementasi baik dalam mengajak masyarakat untuk memakmurkan masjid, juga sebagai gerakan dalam mengantisipasi masuknya paham paham radikalisme.

Konsulidasi Dengan Ormas Ormas IslamSelain Program aksi sosial dan keagamaan yang ditorehkan bambang wijanarko di penegakan disipliner di kubu polres pangkep bambang juga terkenal dengan kedisiplinan dalam membina anggota-anggotanya dalam hal kedisiplinan sehingga para anggota polres pangkep dapat bekerja melayani dengan maksimal untuk ketentraman masyarakat Pangkep.

Apel Siaga Polres Pangkep
Sementara itu dalam hal Penegakan Hukum berbagai kasus pun berhasil di ungkap dan tertibkan oleh Polres Pangkep selama kepemimpinan Bambang Wijanarko seperti Menggulung Sindikat peredaran Narkoba di wilayah hukum Pangkep, meredam gangguan kamtibmas diseluruh wilayah pangkep, seperti pencurian motor dan hewan, ia juga berhasil menertibkan pelaku Bom dan Bius ikan di wilayah perairan kepulauan pangkep, dan menertibkan tambang tambang liar yang beroperasi di Pangkep yang kerab kali meresahkan warga serta merugikan negara.

Penangkapan Bandar Bom dan Bius Ikan di Perairan PangkepAtas beberapa prestasi serta kedekatan itulah banyak warga pangkep merasa kaget dan sedih atas pergeseran jabatan yang terbilang paling singkat itu selama posisi jabatan pucuk pimpinan di Polres Pangkep, Kahar Misalnya warg pulau yang ditemui diwarkop sahabat Pangkep, mengaku kaget dan sedih serta merasa kehilangan dengan bergesernya kapolres pangkep, sebab menurutnya Bambang Wijanarko adalah salahsatu Kapolres terbaik dan paling dekat dengan masyarakat pangkep yang pernah dimiliki Pangkep.

“Pak Bambang sudah banyak, berbuat untuk ketentraman masyarakat pangkep, beliau adalah salah satu pimpinan polres terbaik yang pernah dimiliki Polres Pangkep, meski keberadaanya terbilang singkat dipangkep tapi sudah melekat dihati masyarakat pangkep dengan berbagai programnya.”Ungkapnya sedih.

Namun demikian kahar menyadari hal seperti ini biasa terjadi di organisasi polri, dan berharap Kapolres yang baru nanti bisa lebih bekerja secara maksimal untuk ketentraman masyarakat Pangkep.

“Kami berharap dengan rotasi pimpinan yang baru ini, dapat memberi warna bagi wilayah Polsek Tegaldlimo dan senantiasa memberikan pelayanan prima sesuai tugas pokok dan fungsi Polri. Lebih dari itu dapat bersinergi dengan masyarakat,” pintanya.

Di akhir Ucapannya, Kahar juga mengucapkan terima kasih atas dedikasi yang telah diberikan oleh AKBP Bambang Wijanarko terhadap kesatuan Polres Banyuwangi. Atas prestasi yang telah diraih tersebut diharapkan semakin sukses dan dapat membanggakan institusi Polri di tempat tugas yang baru. (86KP)