Kapolres Sinjai Pimpin Press Release Kasus Curanmor Lintas Kabupaten

oleh

suaralidik.com, Sinjai–Rabu 06 Desember 2017, ┬ásekitar pukul 10.30 wita, bertempat di ruang lobby Mapolres Sinjai berlangsung kegiatan Press Release kasus Pencurian Kendaraan Bermotor (Curanmor) lintas Kabupaten berdasarkan nomor Laporan Polisi : LP/45/IX/2017, tanggal 09 September 2017.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung Kapolres Sinjai, Akbp Ardiansyah, S. Ik., M.H., didampingi Kasat Reskrim AKP Sardan, SE, dan Kapolsek Sinjai Tengah AKP Sunyoto, S. Sos, serta dihadiri beberapa awak media dari berbagai sumber yang ada di Kab. Sinjai.

Dalam kegiatan tersebut Kapolres menerangkan kronologi penangkapan pelaku yang berawal dari terjadinya tindak pidana pencurian satu unit sepeda motor Jupiter MX King warna merah hitam di Kec. Sinjai Selatan.

Personil Resmob Polres Sinjai mendapatkan informasi bahwa lelaki berinisial FJ (27) akan menjual motor dengan harga murah di wilayah Kecamatan Sinjai Tengah. Mengetahui ini, kemudian anggota berpura-pura bermaksud untuk memesan motor tersebut. Pada saat transaksi dengan FJ, pelaku membawa motor yang dimaksud.

FJ rupanya telah lebih dulu curiga jika pembelinya adalah polisi sehingga dia sempat melarikan diri dan meninggalkan motornya. Setelah diperiksa, ternyata motor yang ditinggalkan FJ persis dengan motor yang hilang di Kec. Sinjai Selatan. Maka dilakukanlah pengejaran hingga ke Kota Makassar.

Pelaku kemudian berhasil diringkus pada Sabtu tanggal 02 Desember 2017 lalu di Kota Makassar. Ia mengakui bahwa telah melakukan pencurian sebanyak 9 kali di Kab. Sinjai.

Selain satu unit sepeda motor yang telah diamankan oleh pihak kepolisian pada transaksi sebelumnya, masih banyak lagi temuan kendaraan bermotor curian lainnya. Barang bukti yang berhasil diamanakan yakni satu unit Sepeda Motor Yamaha Sporty berwarna putih dengan nopol DD 3341 US, satu unit sepeda motor Yamaha Mio J berwarna putih dengan nopol DD 2322 XY, satu unit sepeda motor Yamaha Mio Sporty berwarna biru dengan nopol DD 2585 PH, dan masih banyak lagi yang keseluruhannya merupakan kendaraan roda dua.

Kinerja Polres Sinjai ini mendapat respon positif Polda Sulsel. “Kita apresiasi terhadap Polres Sinjai atas pengungkapan kasus curanmor. Kita berupaya akan mengungkap lagi kasus-kasus curanmor.” ujar Kombes Pol Dicky Sondany selaku Kabid Humas Polda Sulsel saat dimintai pendapat mengenai kegiatan release ini.

Dicky sondany juga menghimbau kepada masyarakat untuk lebih mengamankan sepeda motornya.

“Kita akan lebih mengaktifkan patroli ke tempat-tempat rawan curanmor.” Tambahnya saat ditanyai tentang langkah-langkah yang akan dilakukan untuk menindaklanjuti serta mencegah dan mengurangi kasus-kasus serupa.

Pelaku kini diamankan di Rutan Polres Sinjai. Ia akan dijerat Pasal 363 KUHP.