Kasus Korupsi Alkes RSUD Andi Makkasau Ada Unsur TPPU, Dananya Mengalir ke Pejabat Kota Parepare.

oleh

Korupsi ALKESLIDIK Sulsel News. Diketahui proyek Alkes RSUD Andi Makkasau Type B, yang menelan anggaran APBN sebesar Rp19,8 miliar ini,  berpotensi menimbulkan kerugian negara sebesar Rp8 miliar yang terkait adanya dugaan TPPU dalam kasus ini, penyidik telah mengantongi alat bukti berupa data dari  Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Kejati Sulselbar dalam hal ini Koordinator Pidsus Kejati Sulsel Noer Adi, menyebutkan kasus dugaan korupsi proyek pengadaan alat kesehatan (Alkes) RSUD Andi Makasau Parepare tahun 2014 juga terindikasi adanya Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Dan Penyidik telah menelusuri aliran uang yang diduga dinikmati pejabat Pemerintah Kota Parepare. Di mana penyidik menemukan adanya bukti penyetoran dan transfer di beberapa bank, yang diduga uang hasil penggelembungan harga atau mark-up.

Dalam kasus ini ada dua orang tersangka. Menurut Noer Adi, adalah Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Uwais dan Rekanan dari PT. Pahlawan Roata, Candra Pratama. Mereka dijadikan tersangka atas kasus dugaan mark up harga pengadaan Alkes RSUD Andi Makkasau Kota Parepare.

Berkaitan dengan hal tersebut bahwa ada data yang menyebutkan adanya uang hasil mark up pada pembelian dan belanja Alkes RSUD A.Makkasau yang telah mengalir ke sejumlah Rekening Pejabat di Kalangan Pemerintah Kota Parepare. “Kita akan menelusuri aliran uang yang ditransfer melalui transaksi bank” ungkap Koordinator Pidsus Kejati Sulsel, Noer Adi, pada TIM LIDIK Parepare.

“Kita akan segera melakukan pemeriksaan terhadap pihak bank yang dianggap telah digunakan untuk melakukan transaksi uang ke rekening pejabat” tegasnya.

Dugaan kuat terjadinya Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) telah didukung dengan data PPATK bahwa adanya aliran dana yang tidak wajar masuk ke rekening pejabat Pemerintah Kota Parepare. Temuan PPATK inilah menjadi dasar penyidik untuk menelusuri adanya dugaan TPPU dalam kasus ini.

(TIM LIDIK Parepare – Doel)