Kecewa Dengan Bagi Hasil Royalti JRBM, Bupati BolMong Bakal PTUN Kan Tapal Batas

oleh

BOLMONG, Suaralidik.com – Bupati Bolaang Mongondow (BolMong), Sulawesi Utara Yasti Soepredjo Mokoagow, mengaku kecewa dengan bagi hasil Royalti JRBM 2013-2016. Hal tersebut dikatakannya saat mengikuti rapat koordinasi tentang bagi hasil JRBM di gedung kearsipan, Kementrian Minerba, Jakarta. Senin (17/12/2017).

Menurut Bupati dari Hasil Rapat tersebut, selama ini pemerintah kabupaten BolMong tak pernah dilibatkan dalam proses pembahasan sampai keluarnya Permendagri. hal itu terungkap dalam rapat pemerintah daerah Bolaang Mongondow Selatan yang melakukan loby sepihak ke kementrian ESDM sampai terbitnya surat bagi hasil yang tidak diketahui dan pemkab BolMong.

Yang lebih urgen lagi kata Bupati Yasti, tentang tapal batas, seharusnya secara faktual harus diverifikasi duduk awal tapal batas mengacu pada kesepakatan adat dan melibatkan pemerintah BolMong dalam mengambil keputusan.

Dengan hasil tersebut Pemkab BolMong berencama akan memperkarakan hal itu ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTUN).

“saya berniat untuk PTUN kan permendagri soal tabal batas. Sudah seharusnya masyarkat Kabupaten Bolaang Mogondow kecewa dengan keputusan-keputusan yang sangat merugikan rakyat,” tandas Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow. (is)