Kegiatan Color Run di Halaman Citimall Gorontalo Menuai Kecaman

oleh

Goyangan panas para Pesarta Color Run, mendapatkan kecaman dari masyarakat Gorontalo,(foto istimewa).

Gorontalo, Suaralidik.com – Kegiatan Color Run yang digelar di halaman Citimall Gorontalo pada Minggu, 02 Desember 2018 kemarin menuai kritikan dan kecaman dari berbagai kalangan.

Hal ini terkait dengan adanya video yang beredar di media sosial, memperlihatkan para peserta Color Run memperlihatkan kelakuan tak senonoh, yang seharusnya tak dilakukan dan dinilai bertentangan dengan adat Gorontalo.

Informasi yang dirangkum Suaralidik.com, Video yang berdurasi 00.32 detik itu beredar dan memperlihatkan para peserta Color Run berjoget sambil memperlihatkan sebagian aurat mereka, selain itu juga dengan gaya berjoget mereka dinilai fulgar, sambil ditemani laki-laki yang bukan muhrim yang tidak sepantasnya mereka lakukan.Masyarakat sebagian menganggap bahwa hal seperti ini bukan budaya orang Gorontalo.

“Budaya seperti ini bukanlah tradisi Gorontalo, saya menganggap bahwa ini malah merusak moralitas warga Gorontalo dan mencoreng nama baik orang Gorontalo, yang dikenal sebagai serambi Medina,” kata Haris Pakaya salah satu Tokoh Agama.

Ia meminta, agar hal ini harus ditindak lanjuti untuk diperbaiki, ini akan mengundang bencana.

“kalau sudah nyata seperti itu, apa salahnya kita tidak tegur, karena kalau itu terus menerus dilakukan maka yang kita takutkan adalah murka dari Allah, yakni bencana yang akan timbul,” ujar Haris.

Selain itu sebagian masyarakat lain turut prihatin dengan kegiatan semacam itu, mereka mengecam keras terhadap event yang dinilai tidak bermoral.

“Kegiatan ini sungguh kelewat batas, sudah lewat dari kewarasan dan kewajaran, Gorontalo dikenal dengan moralitas agama dan etika yang berkiblat pada syariat Islam “adat bersedikan syara, syara bersendikan Al-Qur’an, akan tetapi hal ini dikotori dengan event seperti ini,” imbuhnya.

Pihak yang terkait dalam kegiatan tersebut haruslah bertanggung jawab, karena tidak sesuai dengan adat dan budaya Gorontalo.

Selain itu pihak Citimall Gorontalo saat di Konfirmasi, enggan memberikan komentar apapun terkait kegiatan tersebut,(***fan).