Kelurahan Lanrisang, Pelatihan Sablon untuk Meningkatkan Sumber Daya Manusia

oleh -

Pinrang, Suaralidik.com – Pemberdayaan ekonomi masyarakat merupakan salah satu usaha pengentasan kemiskinan. Pemerintah selalu membuat program melalui berbagai pemberdayaan masyarakat. Salah satu bagian dari parameter keberhasilan dari kegiatan pemberdayaan adalah saat masyarakat bisa mandiri terhadap kehidupannya serta berkontribusi pada lingkungan sekitar.

Pemerintah Kelurahan Lanrisang bekerjasama dengan LKK Lanrisang berperan aktif dan selalu memberikan kontribusinya untuk warga masyarakat. Setidaknya ada beberapa masyarakat sebagai penerima manfaat aktif mengikuti program pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kelurahan dalam rangka merealisasikan sebagian dari program-program pemerintah melalui anggaran Kelurahan tahun 2019. Program tersebut dikemas dalam bentuk Pelatihan sablon yang ditujukan kepada ibu-ibu dan remaja yang ingin memiliki kemampuan dan melatih dirinya dibidang tersebut agar kelak memiliki keahlian sehingga secara mandiri bisa memiliki penghasilan dari keahlian yang diajarkan melalui pelatihan-pelatihan tersebut.

Pelatihan ini berlangsung selama 1 hari, Kamis (26/09/201912) dan di buka soleh Kasi PMD Kecamatan Lanrisang Ansar,.Sos, pada pukul 08.30 Wit. Pelatihan ini dihadiri oleh Camat Lanrisang H.Abd Asiz Mustari S.Pdi, Lurah Lanrisang Hj.Halijah Side,SH, Ketua LKK Irwan Hamid. Peserta terdiri dari ibu-ibu dan remaja.
Pemerintah Kelurahan bekerjasama dengan LKK kelurahan Lanrisang mendatangkan Narasumber Pakar Usaha Sablon, Muh. Faisal dan Muh.Sainal. Seluruh peserta juga mendapatkan materi dan pelatihan yang maksimal dari pihak narasumber profesional guna mempelajari ilmu yang diberikan.

Dalam pembukaan pelatihan sablon, Kasi PMD menyampaikan,
” Pemberdayaan ekonomi masyarakat merupakan salah satu usaha pengentasan kemiskinan. Pemerintah selalu membuat program melalui berbagai pemberdayaan masyarakat. Salah satu bagian dari keberhasilan dari kegiatan pemberdayaan adalah saat masyarakat bisa mandiri terhadap kehidupannya serta berkontribusi pada lingkungan sekitarnya,” ungkap Kasi PMD

Sementara itu, Kepala Kelurahan Lanrisang Hj Halijah menjelaskan
“adanya kegiatan ini, harapan kami kedepannya, setelah mengikuti pelatihan sablon ini bisa menambah wawasan untuk membuka usaha sablon di kelurahan Lanrisang untuk bisa membantu penghasilan keluarga atau minimal ada dasar cara cara menyablon, semoga pelatihan ini ada mamfaat kedepannya”. Harap bu Lurah Lanrisang.

Kegiatan pelatihan ditutup oleh Camat Lanrisang H.Abd Asiz Mustari,S.Pdi
“ Pemerintah Kecamatan Lanrisang dalam hal ini saya selaku Camat menyarankan agar pelatihan sablon ini dikembangkan lebih lanjut, karena merupakan salah satu kegiatan pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi untuk mengembangkan potensi warga guna menunjang penghasilan masyarakat, dan diharapkan hasil dari pelatihan  ini dapat meningkatkan ekonomi rumah tangga menuju masyarakat sejahtera layak sandang dan papan,” tutup Camat Lanrisang. (MLP)