LIDIK PRO Sayangkan Kemenag Parepare Larang Seorang Ustad Untuk Ceramah

oleh -
Ustad H. Ahmad Fuad Lc
Gambar : Ustad H. Ahmad Fuad Lc (Kanan) saat photo bersama dengan Bendahara Lidik Pro DPD Parepare , Minggu (13/5/2018)

Parepare, Suaralidik.com – Ustad H. Ahmad Fuad Lc adalah salah satu Dai muda di Parepare yang sangat tegas dalam penegakan syiar Islam terutama tentang kebenaran dalam menyampaikan ceramah sesuai dengan Al Qur’an dan Hadits Rasulullah Muhammad Sallallahu ‘alaihi wa sallam serta Ijma’ para ulama. Ust Fuad adalah cicit Gurutta KH As’ad, pendiri pesantren Assadiyah Sengkang.

Ironinya, Ust Fuad mendapat cekalan dalam menyampaikan ceramah oleh Kemenag Parepare hampir selama 3 tahun akibat isi ceramahnya dianggap meresahkan masyarakat.

SMKN 1

Dari keterangan Ust Fuad bahwasanya pencekalan tersebut berawal dari ceramah beliau tentang memakmurkan mesjid sehingga untuk Shalat Fardhu, Ust Fuad mengatakan seharusnya di laksanakan di Mesjid. Pernyataan tersebut mendapat respon yang kurang baik dari Pemkot Parepare yang mana pada saat itu Pemkot Parepare mengadakan Shalat Isya dan Taraweh di lapangan Andi Makkasau Parepare.
Akibatnya, Kemenag Parepare melarang Ust Fuad untuk membawakan ceramah di Kota Parepare. Bahkan bukan hanya itu, pengajian Kitab Kuning Ust Fuad pun mendapat cekalan dari Kemenag Parepare.

“Saya pernah ditelpon oleh salah seorang dari Kemenag Parepare bahwasanya saya disuruh untuk lebih lunak dalam membawakan ceramah agar tidak dicekal olehnya namun saya mengindahkannya karena apa yang saya sampaikan sesuai ajaran Islam”, ucap Ust Fuad. “Malah saya pernah mau disogok agar melakukan perintah atasannya, namun saya tidak mau”, lanjut Ust Fuad.

Diketahui bahwa bukan hanya ceramah Ust Fuad yang dicekal, FB beliaupun ikut dicekal oleh oknum tertentu. “Saya sudah beberapa kali ganti akun Facebook karena setiap saya buat pasti di hack oleh oknum”, akuh Ust Fuad.

Pencekalan ini mendapat respon yang kurang setuju dari Ketua Lidik Pro Parepare AR Arsyad SH dan Bendahara Lidik Pro M. Thohad Hasli. Menurutnya ini adalah tindakan tidak manusiawi dan sangat disayangkan apa yang dilakukan Kemenag Parepare.

Thohad Hasli menjelaskan bahwa tidak boleh seorang Dai dicekal hanya gara gara ceramah tersebut. “Keterlaluan Kemenag kalau hanya karena ceramah itu hingga mencekal seorang Dai untuk berdakwah, bahkan bukan hanya dilarang membawakan ceramah di Mesjid, pengajian pun dilarang”, kata Thohad. “Kami akan pertanyakan ini ke Kemenag Parepare”, lanjutnya.

Diketahui bersama bahwa Ust Fuad adalah pemrakarsa kedatangan Ust Somad di Parepare dan mirisnya Pemkot Parepare mengklaim bahwa kedatangan Ust Somad atas undangan mereka. (RIS/AD)