banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

Religi  

Kemenag Sulsel Dapat “Hadiah Terbesar” dari Bulukumba

Kemenag Sulsel Bulukumba

Bulukumba, suaralidik.com – Keluarga besar Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan menggelar kegiatan Porseni dan Ramah Tamah dalam rangka Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke 76 Tahun 2022 yang jatuh pada tanggal 3 Januari lalu.

Kegiatan Porseni yang diikuti oleh Kanwil Kemenag Sulsel dan seluruh Kantor Kemenag Kabupaten Kota dipusatkan di Kabupaten Bulukumba yang berakhir dengan ramah tamah sebagai penutup dari seluruh rangkaian kegiatan HAB Kemenag Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan di kawasan wisata Tanjung Bira, Sabtu, 8 Januari 2020.

Ramah Tamah dihadiri oleh Wakil Bupati Bulukumba Andi Edy Manaf, Kakanwil Kemenag Sulsel, H. Khaeroni, Forkopimda Bulukumba, Ketua MUI Sulsel, Ketua FKUB Sulsel, para Pimpinan Ormas Keagamaan dan Wali Agama Agama, Kakankemenag Kab/Kota beserta jajarannya, para Pimpinan Bank BUMN Mitra Kemenag Sulsel, dan pengurus Dharma Wanita Persatuan Kemenag se Sulsel.

Kemenag Sulsel - malam ramah tamah

Dalam sambutannya Kakanwil Kemenag H. Khaeroni sampaikan kesyukurannya atas Hasil Indeks Kerukunan Umat Beragama yang dirilis baru baru ini, bahwa Sulawesi Selatan berada diatas rata rata Nasional. Hal ini kemudian menjadikan Sulawesi menjadi salah satu daerah di Indonesia yang masuk dalam prioritas Pencanangan Tahun Kerukunan di 2022.

Lebih lanjut, Kakanwil H. Khaeroni mengapresiasi kinerja Pemkab Bulukumba dan menyampaikan bahwa pihaknya telah mendapat “Hadiah Terbesar” dari Kabupaten Bulukumba.

Pertama bahwa telah terselesaikannya persoalan pendirian rumah ibadah, dan Kedua, Pemda telah mengeluarkan kebijakan kewajiban membayar zakat bagi seluruh ASN di Baznas Bulukumba.

“Kerukunan antar umat ini penting karena menjadi faktor utama dalam mendongkrak perkembangan dan kemajuan ekonomi bagi rakyat dan daerah kita,” ujarnya

Pesannya, jika kita bisa saling menghargai, tidak saling menghujat atau caci maki, serta saling menjaga kerukunan dan kedamaian, maka apa saja bisa dilakukan.

“Banyak mimpi mimpi besar untuk kemajuan daerah dan umat bisa kita wujudkan, dan di sinilah Kemenag harus tampil bersama, untuk memastikan mimpi mimpi itu semua bisa menjadi nyata,” ungkap orang nomor satu Kemenag Sulsel yang sering berpantun dalam sambutannya ini.

Wakil Bupati Andi Edy Manaf menyampaikan terima kepada seluruh warga Kemenag se Sulsel yang telah berkunjung di Kabupaten Bulukumba sebagai tuan rumah pelaksanaan Hari Amal Bhakti Kemenag.

Dikatakan semua hotel penuh di Bira membawa berkah tersendiri, begitu pula ulama-ulama dan pemuka agama hadir di Kabupaten Bulukumba.

“Dengan kegiatannya di Butta Panrita Lopi, warga Bulukumba mendapatkan berkah yang luar biasa besar dari Kementerian Agama,” ujar mantan anggota DPRD Sulawesi Selatan ini.

Wakil Bupati Edy Manaf juga berharap kepada warga Kemenag agar senantiasa menjadi garda terdepan dalam menjaga keharmonisan dan kerukunan umat beragama untuk menjaga keutuhan NKRI.

Acara Ramah Tamah HAB ke 76 juga diisi dengan penyerahan penghargaan khusus kepada sejumlah Ormas Keagamaan, Satker dan Insan Kementerian Agama yang telah mengharumkan nama Sulawesi Selatan di kancah regional, nasional dan internasional dengan torehan sejumlah prestasi bergengsi, serta penyerahan piala, piagam dan hadiah kepada seluruh pemenang lomba dan pertandingan pada kegiatan Porseni.

Sebelumnya, Ketua Panitia HAB, Kaswad Sartono dalam laporannya menyampaikan bahwa semarak Hari Jadi Kemenag diisi dengan sejumlah rangkaian kegiatan diantaranya Ziarah dan Tabur Bunga ke Taman Makam Pahlawan, Anjangsana ke sejumlah Panti Asuhan dan Pondok Tahfidz, Upacara Peringatan HAB, Porseni yang berisi sejumlah Lomba, baik dari Kanwil maupun dari Dharma Wanita Persatuan Kemenag, dan puncaknya pada Malam Ramah Tamah sekaligus menutup seluruh rangkaian HAB ke 76 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.