banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

Berita  

Kemenkumham RI Jalin Kerjasama dengan FH Unhas Menggalang Internasionalisasi Jurnal Ilmiah

Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI, Bersama dengan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas), Melakukan Penandatanganan Kerjasama Kelembagaan, di Hotel Grand Mercure Jakarta, Rabu 23 November 2022.

Jakarta, SuaraLidik.com – Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sejalan dengan perubahan ke era digitalisasi, membuat diseminasi terbitan ilmiah tidak hanya berfokus pada aspek konten, tetapi juga menitikfokuskan pada standar tata kelola sesuai standar global.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Prof. Yasonna Hamonangan Laoly, Ph.D., membuka Rapat Koordinasi Kemenkumham RI di Hotel Grand Mercure Jakarta, 23-25 November 2022.

Mengangat tema, “Tunjukkan Kinerja Kita Semakin PASTI dan BERAKHLAK”, Kemenkumham menginisiasi kolaborasi dan kerja sama kelembagaan dengan melibatkan 8 (delapan) institusi perguruan tinggi. Salah satunya Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin.

Dekan Fakultas Hukum Unhas, Prof. Dr. Hamzah Halim, S.H., M.H., M.A.P, mengapresiasi kerja sama kelembagaan antar perguruan tinggi dan Kemenkumham RI.

“Standar pengelolaan jurnal internasional bereputasi hanya dapat berjalan optimal melalui kolaborasi dan kemitraan yang baik antar institusi penerbit,” ujar Dekan Fakultas Hukum Unhas, Rabu (23/11/2022) seusai menandatangani perjanjian kerja sama kelembagaan.

Pola kerja sama yang dibangun ini bersifat praktis. Dimana jurnal ilmiah terbitan Kemenkumham akan menjalin kolaborasi pengelolaan dengan Jurnal Ilmiah Fakultas Hukum Unhas, Hasanuddin Law Review (HALREV) yang telah meraih predikat “Jurnal Internasional”.

Sementara itu, editor in Chief HALREV, Prof. Dr. Irwansyah, S.H., M.H, menegaskan bahwa, komitmen Fakultas Hukum Unhas untuk terus menggalakkan peningkatan standar pengelolaan jurnal ilmiah yang diterbitkan Balitbang, Kementerian Hukum dan HAM.

Kerja sama kelembagaan ini akan mulai efektif diterapkan di awal tahun 2023 melalui intensive training standardisasi tata kelola menuju Jurnal Internasional Bereputasi.(*)