Kepala LLDIKTI IX: Ibaratkan Buang Garam Di Laut Pelatihan AA dan Pekerti Tiga Hari bagi Dosen

oleh
Ketua LP3TK-KPTK Kemendikbud RI, Prof Dr Irwan Akib, M.Pd
Photo bersama Ketua LP3TK-KPTK Kemendikbud RI, Prof Dr Irwan Akib, M.Pd

Makassar, suaralidik.com – Pelaksanaan pelatihan Applied Approach (AA) dan Pekerti yang selama ini dilaksanakan tiga hari ibarat hanya membuang garam di laut.

Dan kalau hal demikian masih berlangsung dengan materi yang diajarkan maka uang negara itu sebaiknya dikembalikan.

Demikian penegasan Kepala LLDIKTI IX Sulawesi, Prof Dr. Jasruddin, M.Si saat memberi sambutan pada acara pembukaan Pelatihan AA digelar di Aula H. Ridwan Saleh Mattayang Jl. Bung Tamalanrea Makassar, Rabu (5/9/2018).

Dijelaskan ide awal pelatihan AA dan Pekerti untuk memberi pengayaan dalam pembelajaran bagi dosen-dosen muda jenjang studi S1.

Lewat pelatihan AA dan Pekerti itu seharusnya ada ide-ide baru jadi bahan diskusi para dosen muda itu serta ada waktu untuk melakukan riset-riset.

Hasil riset selama mengikuti pelatihan itu akan ditulis dalam bentuk artikel ilmiah, disubmit kemudian terpublikasi pada jurnal ilmiah.

Out put dari pelatihan yang terukur itu dalam bentuk karya artikel ilmiah yang terpublikasi akan member nilai tambah bagi para dosen sekaligus alat ukur kegiatan itu, tegas doktor fisika PPs-ITB ini.

Apa pun bentuk kegiatan harus ada produk yang di hasilkan dan terukur, tandasnya.

Produk dari pelatihan itu akan memudahkan para dosen mengurus pangkat dalam meniti karier selaku dosen.

Prof Jasruddin meminta pimpinan kampus, untuk tidak membiarkan para dosen pensiun dini pada usia 65 tahun, tetapi harus pensiun di usia 70 tahun dengan meraih pangkat Guru Besar, tandasnya.

Pelatihan hari kedua Kamis (6/9/2018) akan menampilkan nara sumber, Ketua LP3TK-KPTK Kemendikbud RI, Prof Dr Irwan Akib, M.Pd. Materi akan dibawakan, model-model pembelajaran inovatif (teori dan praktek).

Kepala LLDIKTI IX Sulawesi, Prof. Dr. Jasruddin, M.Si dengan materi, pembelajaran orang dewasa (teori).

Acara ini akan berlangsung sampai Sabtu (8/9/2018). (***nirwan)