Keren, Jambore Jurnalistik Radar Selatan Angkat Tema Peran Pelajar Dalam Membangun Demokrasi

oleh
Jambore Jurnlistik ke-3 Harian Radar Selatan.

BULUKUMBA, Suaralidik.com – Harian Radar Selatan kembali menggelar Jambore Jurnalistik. Jambore kali ini adalah yang ketiga kalinya, atau secara reguler dilaksanakan setiap tahunnya. Jambore Jurnalistik III yang melibatkan siswa-siswa SMP dan SMA tersebut diikuti oleh 30 sekolah, 16 SMA dan 14 SMP se Kabupaten Bulukumba.

Jambore Jurnlistik ke-3 Harian Radar Selatan.

Menurut Ketua Panitia Rahmat Fajar, tema Jambore Jurnalistik III ini adalah Peran Pelajar dalam Membangun Demokrasi. Tema itu sejalan dengan adanya momentum politik yang akan dilaksanakan pada tahun 2018 yakni Pilkada Serentak Gubernur dan Bupati dan Walikota di beberapa daerah. Harapannya, siswa sebagai pemilih pemula, lanjut Rahmat bisa lebih kritis dalam memilih calon pemimpin nantinya.

“Kami ingin menyadarkan bahwa terlibat dalam pesta demokrasi itu adalah upaya membangun daerah,” kunci Rahmat Fajar saat menyampaikan laporannya pada pembukaan Jambore Jurnalistik III di lapangan Bacari Desa Palambarae, Kamis (19/10/17).

Senada dengan itu, Pimpinan Redaksi Harian Radar Selatan, Sunarti Sain mengemukakan kegiatan Jambore itu sebagai upaya untuk memberikan pemahaman demokrasi kepada para siswa sebagai pemilih pemula untuk membangun gerakan anti money politik, sehingga mereka mengambil peran penting dalam pesta demokrasi. Selanjutnya, tambah Sunarti Sain, pihaknya (Radar Selatan) memiliki komitmen sejak awal untuk membangun gerakan literasi di Bulukumba.

“Ada harapan untuk gerakan literasi kita mulai dari sini, karena kegiatan Jambore Jurnalistik seperti ini hanya ada di Bulukumba. Dengan buku kita bisa menjadi apa saja, dengan buku kita mampu menciptakan masa depan yang lebih baik” pinta Una sapaan akrab Sunarti Sain.

Untuk diketahui, Jambore Jurnalistik ini berlangsung di lapangan Desa Palambarae, Kecamatan Gantarang, diikuti sekitar 700an pelajar dan dibuka langsung oleh Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto.