Kerjasama dengan PMI, TRC BPBD Pangkep Dilatih Ketrampilan P3K

oleh
TRC pangkep
Pelatihan P3K bagi satuan tugas Tim Reaksi Cepat (TRC) penanggulangan bencana BPBD Pangkep

Pangkep, suaralidik.com – Bencana merupakan suatu rangkaian peristiwa yang dapat mengancam kehidupan manusia maupun lingkungan sekitarnya, bencana dapat disebabkan oleh faktor alam, faktor non alam, ataupun tingkah dan perilaku manusia, dampak bencana pun cenderung merugikan baik secara materi maupun lingkungan.

Kepala bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Pangkep, Muh. Nasrun Syam mengatakan Kabupaten Pangkep mempunyai beberapa daerah yang berpotensi rawan bencana seperti banjir, tanah longsor dan banjir bandang.

“Dan dalam mengantisipasi dan meminimalisir kerugian akibat bencana alam maka perlu dibutuhkan satu kekuatan utuh dan terpadu dalam mengatasi bencana banjir atau musibah yang dialami oleh masyarakat.”Jelasnya.

Lebih lanjut Nasrun, merasa perlu untuk meningkatkan kapasitas keahlian dalam melakukan SAR dan Pertolongan pertama pada kecelakaan yaitu dengan mengadakan pendidikan dan pelatihan P3K bagi satuan tugas Tim Reaksi Cepat (TRC) penanggulangan bencana BPBD Pangkep yang bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan dasar P3K kepada satuan tugas tim reaksi cepat penanggulangan bencana sehingga dapat membentuk tenaga Rescuer yang memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap dan mental dibidang teknik evakuasi, dan pertolongan terhadap korban pada tingkat dasar.

Kegiatan pelatihan ini bekerja sama dengan anggota satuan penanggulangan bencana ( Satgana) PMI Pangkep yang mempunyai sertifikasi di bidang Pertolongan Pertama dan pengalaman penugasan kebencanaan. ( ***Syaiful)