Kesbagpol Bulukumba Gelar Sosialisasi Pendidikan Politik ke Pelajar

oleh

BULUKUMBA, Suaralidik.com – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bulukumba menggelar sosialisasi pendidikan politik yang dihadiri ratusan pelajar. Kamis (10/8/17).

Sosialisasi yang berlangsung di gedung PKK Bulukumba, Jl Anggrek, dengan tema ‘Melalui Sosialisasi Pendidikan, Kita Tingkatkan Pemahaman Berdemokrasi dalam Rangka Mewujudkan Demokrasi Subtansial dan Berkualitas’ ini hadir beberapa pemateri seperti, Kepolisian, Akademisi, Media, Perwakilan Pemerintah, dan TNI.

Sementara, dalam sambutannya, Bupati Bulukumba yang diwakili asisten administrasi pemerintahan, Andi Nurdiana mengatakan politik harus diakui bahwa sering dijumpai di tengah masyarakat yang mendefinisikan politik dalam perspektif yang sempit, yakni memaknai politik hanya sebatas sebuah proses untuk mendapatkan dan mempertahankan kekuasaan padahal lebih dari itu.

“Politik harus di maknai dalam perspektif yang luas dan utuh yaini berkaitan dengan konsep bernegara dan bermasyarakat, yang di dalamnya mengatur sistem tatanan pemerintahan, ketatanegaraan, kedaulatan, distribusian of power pembagian kekuasaan dan sebagainya,” ujarnya

Adapun materi yang disampaikan dalan sosialisasi berupa sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat yang di selenggarakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil dalam NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI Tahun 1945.

Pemilu sebagai sarana pendidikan politik kepada rakyat bukan sekedar memilih pemimpin dan wakil rakyat, pemilu sebagai sarana penataan sistem politik dan pemerintahan sesuai kebutuhan zaman, pemilu sebagai sarana pembangunan bangsa dan negara.