Ketua BAZNAS Bulukumba Latih Mubballigh di Herlang

oleh -
Baznas Bulukumba
Baznas Bulukumba

Bulukumba,suaralidik.com – Seiring semakin dekatnya Bulan Ramadhan 1439, Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Herlang bekerja sama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI), mengadakan pelatihan pembekalan bagi para muballighin dan muballighat, Selasa (8/5) kemarin di Gedung Guru Kecamatan Herlang.

Acara pembekalan muballigh (juru dakwah) tersebut, dihadiri sekitar 70 orang peserta terdiri dari para imam masjid, guru, pemuda dan lainnya, dan tampil sebagai nara sumber masing masing Kepala KUA Herlang, Sekjen DMI Kabupaten Bulukumba, dan Ketua BAZNAS Kabupaten Bulukumba Muhammad Yusuf Shandy, Lc.

Dihadapan para muballigh, Ust Yusuf menyampaikan bahwa salah satu materi dakwah yang harus diketahui dan dipahami para muballigh adalah soal zakat. “Zakat adalah ibadah sosial yang menjadi bukti keimanan dan ketaqwaan seorang muslim, sehingga para muballigh harus menjelaskannya dengan baik kepada masyarakat luas, terutama rumus dan konsep pemanfaatan zakat.” pesan Ust.Yusuf.

Yusuf menambahkan, Dana zakat, infak dan sedekah yang yang dihimpun oleh BAZNAS Kabupaten Bulukumba memiliki lima sasaran program pendistribusian, yaitu kesehatan, ekonomi, pendidikan, kemanusiaan dan dakwah.

Selain itu, menurut Ustad mudah ini, ada empat angka yang perlu dipahami dalam hal pembagian zakat, khususnya zakat maal (harta), yaitu 20, 10, 5 dan 2,5 persen. 20 persen untuk zakat rikaz (barang temuan), 10 dan 5 persen untuk zakat pertanian. Sedangkan 2,5 persen selain dari dua jenis zakat di atas, seperti zakat perdagangan, zakat penghasilan/profesi, zakat uang, dan sebagainya.

Dipenghujung kegiatan pembekalan muballigh ini, dilanjutkan dengan acara Tabligh Akbar Tarhib (Menyambut) Ramadhan, yang juga diisi oleh Ust. Yusuf.(***Edy)