Ketua DPRD Bulukumba Ajarkan Cuci Tangan Dan Sikat Gigi Kepada Ratusan Murid di Desa Bialo

oleh

BULUKUMBA,SUARALIDIK.com- Ratusan anak TK dan SD di Desa Bialo Kecamatan Gantarang Bulukumba, Jumat (26/8/2016) mengikuti kegiatan Sikat Gigi massal dan cuci tangan dengan sabun. Gerakan gosok gigi massal dan cuci tangan pakai sabun tersebut di hadiri langsung Ketua DPRD Bulukumba, Andi Hamzah Pangki.

Ratusan murid dari 4 TK dan 3 SD di Desa Bialo tersebut pun tampak antusias mengikuti arahan dari Hamzah Pangki tentang cara menggosok gigi dan mencuci tangan yang baik dan benar, sebelum melakukan aktifitas maupun sesudah melakukan aktifitas.

Andi Bancala, sapaan akrab Hamzah Pangki mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan DPRD Bulukumba bersama dengan Dinas Kesehatan khususnya Puskesmas Gantarang dan didukung oleh pemerintah Desa Bialo bersama Camat Gantarang, bertujuan untuk mengajarkan kepada anak-anak berpola hidup yang sehat.

Kesehatan anak menjadi fokus perhatian kita saat ini. Untuk itu kita perlu mengajarkan pola hidup bersih kepada anak usia dini khususnya para murid tingkat Sekolah Dasar,yah minimal kumur-kumur” papar Hamzah Pangki kepada Redaksi SuaraLidik.com

Ketua DPRD Bulukumba, Hamzah Pangki bersama ratusan anak TK dan SD
Ketua DPRD Bulukumba, A.Hamzah Pangki bersama ratusan murid TK dan SD di Desa Bialo dalam aksi gerakan cuci tangan dan sikat gigi massal,Jumat (26/8/2016)-ANDI AWAL/SUARALIDIK

Masih lanjut Ketua DPRD dua periode tersebut, pola hidup bersih tentu banyak manfaatnya seperti menghindarkan diri dari serangan penyakit. Untuk itu kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat dan bisa terbiasa dirumah masing-masing.

Murid SD dan TK yang berbaris di halaman sekolah juga mendapatkan arahan dari Kepala Desa Bialo, Agusriadi Maula supaya menggosok gigi secara teratur dua kali sehari, dimulai sesudah makan pagi dan sebelum tidur malam. Supaya terhindar dari tumpukan kuman dan menjadi karang gigi.

Kegiatan yang mengangkat tema ‘Gerakan Gosok Gigi dan Cuci Tangan dengan Sabun’ ini disambut antusias oleh para siswa. Mereka merasa senang sebab, selain diajari cara menggosok gigi yang benar, para siswa juga mendapat hadiah apabila berani tampil dan mempraktekkan cara menggosok gigi di depan teman-temannya.

Agusriadi Maula mengatakan, kegiatan ini merupakan Program Desa Bialo di bidang Kesehatan, yaitu Panrita Siaga Desa dimana dengan melihat masih banyaknya anak-anak yang tidak merawat gigi sehingga mengalami kerusakan.

Ya sering ditemui anak-anak merasa sakit gigi, bahkan ada yang giginya berlubang dan rusak,” ujar Agusriadi yang juga merupakan Sekretaris DPC Apdesi Bulukumba ini. Menurutnya, hal ini terjadi karena anak-anak bermain tanpa mengenal waktu dan jajan sembarangan, kemudian lupa tidak menggosok gigi.

Ini tentu sangat memotivasi anak-anak agar rajin menggosok gigi dan cuci tangan,” jelasnya.

Kegiatan seperti ini tentu sangat langka. Sebab, biasanya para bunda guru yang memberikan pembelajaran, namun kali ini ada Ketua DPRD bersama Kepala Desa yang berkontribusi secara langsung untuk mengajarkan pola hidup sehat pada anak-anak.

Editor : Andi Awal-SuaraLidik