Ketua Komisi I DPRD Boltim : Warga Minta Damkar Menjadi Satu OPD Utuh

oleh
Ketua Komisi I DPRD Boltim Sofyan Alhabsyi

BOLTIM. Suaralidik.Com – Ketua Komisi I DPRD Boltim Sofyan Alhabsyi meminta Pemkab Boltim segera menjadikan Bidang Damkar menjadi satu SKPD utuh. Hal itu dikatakan Sofyan sebagai masukan atas aspirasi masyarakat melalui kegiatan reses beberapa waktu lalu di Balai Pertemuan Umum (BPU) desa Tutuyan.

Ketua Komisi I DPRD Boltim Sofyan Alhabsyi

Menurutnya, dalam menangani kebakaran yang tiba-tiba terjadi, Pemda terkesan kewalahan atau tidak berdaya.
“Damkar yang saat ini gabung dengan satuan Pol-PP terkesan lambat atau tidak berfungsi sama sekali. Parahnya, mobil damkar yang ada saat ini rusak dan hanya menjadi pajangan di kantor mereka,” ucap Sofyan kamis (15/03) kemarin.
Ia menjelaskan, regulasi untuk pembuatan instansi damkar itu ada. Regulasinya ada, dan bisa di buat instansi itu asalkan pemda serius.
“Memang, untuk menambah sebuah organisasi perangkat daerah tentunya akan menambah biaya dalam penataan APBD, namun saran saya hal ini harus menjadi perhatian serius bagi pemerintah. Mengingat, kejadian-kejadian seperti kebakaran sering terjadi secara tiba-tiba,”terang politisi PKB itu.
Sebelumnya, Pemda melalui Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Oscar Manoppo menyatakan bahwa Pemkab Boltim menganggarkan pengadaan sejumlah unit mobil damkar.
“Kami sangat mendukung jika itu benar-benar terjadi. Karena, dalam kegiatan reses saya, hal itu yang menjadi pokok utama disuarakan oleh warga lewat aspirasi yang mereka sampaikan ke DPRD,” tukas Aba Um, kerap dirinya disapa.
Hal senada juga disampaikan Azis Mamonto. Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu meminta agar dalam pengadaan Damkar nanti, satu unit agar di tempatkan di kecamatan Modayag.
“Harus ada satu unit yang stay disana agar ketika terjadi kebakaran, warga tidak susah lagi meminta pertolongan. Dan saran saya, Damkar itu sering-sering digunakan meski bukan dalam keadaan gawat darurat. Ini menjaga agar Damkar tersebut selalu terawat pemeliharaannya,” tutup Azis.(bobrw)