Ketua Kwarcab Kabupaten Gorontalo Lantik Pengurus Saka Bakti Husada

oleh

Ketua Kwarcab Kabupaten Gorontalo Fori Naway saat Lantik Pengurus Saka Bakti Husada,(foto Irfan humas).

Gorontalo, Suaralidik.com – Ketua Kwartir Cabang (Kwuarcab)Pramuka Kabupaten Gorontalo (kabgor) Provinsi Gorontalo Dr. Fory Naway melantik ketua Saka Bakti Husada serta pengurusnya Mabisaka dan Pinsaka tingkat Kabgor di bumi perkemhan Bongohulawa Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo,Jumat 09/11/2018.

Ketua kwuarcab saat ditemui awak media usai pelantikan mengatakan, kegiatan pelantikan ketua dan pengurus bakti husada ini dirangkaikan dengan apel akbar, pelaksanaan perkemahan bakti husada, yang dirangkaian dengan HUT kabupaten Gorontalo ke 345 tahun 2018.

“Jadi, kegiatan ini terintegrasi, kenapa kami libatkan, ketuanya karena sekaligus pengukuhan sebagai ketua bakti husada Kabupaten Gorontalo. Selain program penyulukan kesehatan yang didalangi pengurus bakti husada, kegiatan ini juga ada lomba yang akan dilaksanakan, antaranya lomab tarik suara, dan kesenian lainha,”jelas Fory Naway.

Ia juga menegaskan, selaku ketua Kwuarcab, pihaknya juga mengundang anak ranting terutama anak anak SMA,SMP dan SD.

“Demikian juga kami mengundang danrem yang merupakan harapan Bupati, Alhamndulillah mereka punya respon positif dan kedepan mungkin akan dilibatkan bidang kepramukaan, dan ini lebih difokuskan pada kegiatan produktif untuk mengasah potensi anak,”ungkap Fory.

Terkait harapan Bupati mengenai pengembangan persami, Wanita yang juga selaku ketua PKK kabgor ini menyampaikan, memang akan dikembangkan kembali. Karena merupakan bagian dari silaturahim antara anak anak, serta memupuk rasa kepedulian dan mengembangkan kepribadian.

“Sebenarnya,program ini masuk pada kurikulum.13 .jadi ekstra kurikuler dari kegiatan sekolah disamping olah raga dan kesenian. Keberadaan mereka sangat penting karena terkait dengan kesehatan, penyuluhan kesehatan sangat penting apalagi saat ini kami menangani stunting, jika dikeroyok bersama, maka ini tuntas. apalgi kami sudah dipercaya kemekes RI dengan dana pendampingan dan itu mitranya dikes Kabupaten Gorontalo,Terangnya.

Sementara itu,kadikes Roni Sampir menambahkan,Saka Bakti husada memang terlibat pada bidang kepramukaan dengan 6 kegiatan krida. Keenam kegiatan krida tersebut adalah bina keluarga sehat,bina gizi,bina obat,PHBS,menyangkut air bersih.

“Setelah dilantik kami bertekad melaksanakan tugas pokok setiap tahun. Kenapa, karena kami berharap dapat membentuk pemuda pemuda berkarakter dan trampil terutama bidang kesehatan,”ucap Rony Sampir,(***Rollink).