Ketua LIDIK Pinrang, Kurang lebih 1 Tahun DPRD didampingi Plt. Sekertaris

oleh -

Pinrang, suaralidik.com – Setelah pelantikan anggota DPRD Pinrang, sepertinya banyak Pekerjaan Rumah yang harus diselesaikan dalam Rumah Tangga DPRD Pinrang. (03/010/2019).

Pelantikan 40 anggota DPRD Pinrang pada tanggal 24 Agustus 2019 lalu, harus segera berbenah, dengan segera melengkapi alat kelengkapan Dewan termasuk penunjangnya, seperti Sekertaris DPRD.
Sebagaimana informasi yang di dapatkan suaralidik.com dari Ketua LIDIK PRO Pinrang Rusdianto, SE.,SH., bahwa Sekertaris DPRD sudah lama dijabat oleh Pelaksana Tugas. Dan ini mencerminkan adanya pembiaran dari dari dewan yang lalu.

Menurut Rusdianto, DPRD Pinrang harus segera menetapkan Sekwan sesuai yang diatur Undang-undang yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2016. “saya juga heran dengan dewan yang lalu, ini sudah lebih 1 tahun Sekertaris DPRD di jabat oleh Plt. Kok mereka tidak segera menerapkan sesuai Undang-undang”. Menurutnya.
“tata cara penetapan dan pengangkatan Sekertaris DPRD sangat jelas tertuang pada Peraturan Pemerintah nomor 18 tahun 2016, pasal 31 Ayat 3 berbunyi, Sekretaris DPRD kabupaten/kota sebagaimana dimaksud pada Ayat (2) diangkat dan diberhentikan dengan keputusan bupati/wali kota atas persetujuan pimpinan DPRD kabupaten/kota setelah berkonsultasi dengan pimpinan fraksi”. Jelas aktivis Pinrang ini.
Dan Ketua LIDIK PRO Pinrang, segera mendesak agar dewan secepatnya memiliki Sekertaris yang bisa mendampingi Anggota dewan untuk lancarnya amanah yang diembang, dimana DPRD Pinrang lebih 70 % wajah baru. “saya berharap Sekertaris dewan segera ditetapkan sesuai aturan, dimana Kepala Daerah atau Bupati, mengusul 3 nama, untuk diproses di DPRD, dan DPRD melakukan uji Kompetensi agar Sekertaris terpilih dapat menjalankan tugasnya sebagaimana mestinya”. ujar Anto, panggilan akrabnya.
Salah seorang anggota DPRD Pinrang yang dikonfirmasi suaralidik.com lewat HPnya, mengatakan bahwa menunjuk Sekertaris Dewan adalah hak Kepala Daerah atau Bupati, dan di koordinasikan ke DPRD “Maaf pak, saya ini baru dilantik 2 bulan lalu, saya belum bisa berkomentar banyak, tapi untuk sekertaris dewan itu hak bupati, dan ketua beserta unsur pimpinan hanya menyeleksi kelayakan dan uji kompetensi dari yang diusulkan bupati” jawab pak Ilwan sugianto, ke suaralidik.com yang penuh ramah. (AD).