Ketua TP PKK Harap kelola Jerami Padi dikelola Menjadi Suatu yang Bermanfaat.

oleh
Foto : Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gorontalo Dr Fori Naway saat memberikan pelatihan pembuatan pakan ternak sapi di desa mutiara kec. Paguyaman kab. Boalemo,Senin (03/09/2018).

Gorontalo, Suaralidik.Com – Dari pada dibakar, Fori Naway mengajak masyarakat untuk mengelola kembali Jerami Padi menjadi seuatu yang bisa bernilai ekonomis maupun yang bermanfaat lainnya.

Hal ini yang disampakan Ketua TP-PKK Kabupaten Gorontalo Dr. Fory Naway saat membirakan sambutan pada pelatihan pembuatan pakan ternak sapi di desa mutiara kecamatan Paguyaman kabupaten Boalemo, Senin 03/09/2018.

Kegiatan yang bekerjasama dengan mahasiswa kuliah kerja sibermas (KKS) Pengabdian Universitas Negeri Gorontalo ini turut dihadiri kepala dinas pertanian Kabupaten boalemo, Camat Paguyaman, kades mutiara serta masyarakat.

Dalam sambutannya Fory mengatakan bahwa jerami padi apabila diolah menjadi pakan ternak, maka dapat mempercepat pertumbuhan ternak tetsebut.

“Jerami padi ini bila diolah menjadi makanan sapi, maka dapat mempercepat pertumbuhan sapi itu sendiri, berat badannya akan tumbuh berkembang dan akan meningkatkan harga sapi tetsebut.”tegas TM PKK kab. Gorontalo

Fory yang juga sebagai dosen pembimbing lapangan menambahkan, bukan saja dilihat keungtungan bagi ternak sapi, namun pakan ternak sapi ini juga dapat memberdayaakan masyarakat melalui peningkatan ekonomi.

“Cara membuatnya gampang dan memiliki nilai ekonomis, khususnya peningkatan ekonomi keluarga, sebab pakan ini bisa dijual kemana-mana. Saya berharap dengan pelatihan ini dapat membuka cakrawala masyarakat khususnya petani untuk menmanfaatkan jerami padi, mengingat bermanfaat bagi kita semua.”Jelas Fory Naway.

Sementara itu ditempat yang sama camat paguyaman Irwan S Mantu mengucapkan terima kasih kepada para mahasiswa yang telah berinisiatif melaksanakan pelatihan ini. Dan support ibu pembimbing lapangan yang tak lain ketua Tim PenggeraK PKK Kabupaten Gorontalo.

“Hampir setiap tahun kami menerima mahasiswa peserta KKS dari berbagai kampus, sekaligus mengikuti berbagai jenis pelatihan, namun untuk kali ini KKS UNG sudah tepat sekali melaksanakan pembuatan pakan ternak, dan saya berharap agar masyarakat mendukung sekaligus mengikuti pelatihan ini dengan baik” Ungkap camat paguyaman (***RDJ).