Kisah Presiden Sukarno Buatkan Ranjang untuk Raja Arab Saudi

oleh

Nasional, Lidik Jakarta -Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud akhirnya bisa bertemu dengan anak dan cucu Presiden RI pertama Sukarno. Ternyata memang ada sejarah kedekatan keluarga Sukarno dengan Raja Arab Saudi pendahulunya.

Pertemuan Raja Salman dengan putri Sukarno, Megawati Soekarnoputri, dan Puan Maharani difasilitasi Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Kamis (02/03/2017). Pertemuan tersebut berlangsung selama sekitar 15 menit, yang diakhiri dengan selfie Mega, Puan, bersama Jokowi dan Raja Salman, yang kemudian menjadi viral di media sosial.

Seusai pertemuan itu, Puan Maharani, yang kini duduk sebagai Menko PMK, mengungkap cerita unik yang disampaikan Raja Salman. Yaitu tentang hubungan baik Raja Arab Saudi terdahulu dengan Sukarno.

Puan mengisahkan belum diketahui dengan jelas siapa Raja Arab Saudi yang pernah berkunjung ke Indonesia dan bertemu dengan kakeknya itu. Namun ia mengungkap kakeknya membuatkan ranjang untuk sang Raja Arab Saudi.

“Jadi menceritakan bahwa waktu itu Raja Saudi ada yang bertemu dengan Bung Karno. Ini yang tadi kita bicara nggak tahu Raja Saudi yang mana, bahwa Raja Faisal atau Abdullah. Kemudian pada kesempatan itu raja yang mau datang ke Jakarta karena tinggi besar sekali nggak ada tempat tidur yang cukup,” ungkap Puan.

“Nah Bung Karno selaku arsitek membuat tempat tidur khusus untuk raja tersebut, (nama) rajanya lupa, sepanjang dua meter,” kata Puan.

Ranjang itu pun kini disimpan di tempat yang aman. “Sekarang tempat tidur itu ada di Istana Bogor,” ujar Puan.

Sampai kini Raja Arab Saudi yang dibuatkan ranjang oleh Sukarno itu masih misterius.

Penulis : IBHE
Editor : Adhe