KKMB UIT Serahkan 1000 Koin Hasil Penggalangan, Bupati Bulukumba Menghindar?

oleh
KKMB UIT serahkan koin hasil penggalangan ke Pemkab Bulukumba untuk pengadaan Mobil Jenazah. Selasa (5/9/17).

BULUKUMBA, Suaralidik.com – Puluhan kerukunan keluarga mahasiswa Bulukumba (KKMB UIT) menggelar aksi unjuk rasa sekaligus penyerahan hasil penggalangan dana seribu koin ke pemerintah Kabupaten Bulukumba untuk pengadaan mobil jenazah. Selasa (5/9/17).

KKMB UIT serahkan koin hasil penggalangan ke Pemkab Bulukumba untuk pengadaan Mobil Jenazah. Selasa (5/9/17).

Pada aksi penyerahan tersebut, koordinator aksi Saril Ch mengungkapkan selama aksi simpati 1000 koin untuk pengadaan mobil jenazah, terkumpul sebanyak Rp.617.000. Aksi dilakukan di beberapa titik di Kota Makassar selama 3 hari berturut-turut sebagai bentuk prihatin terhadap pelayanan pemerintah kabupaten Bulukumba dalam hal fasilitas mobil jenazah yang kurang memadahi di masyarakat.

Aksi penyerahan tersebut dikawal ketat puluhan gabungan satuan polres dan Satpol PP.

“Unjuk rasa yang kami lakukan ini sebagai bentuk kritikan yang membangun terhadap pemerintah Bulukumba terhadap insiden memillukan yang terjadi beberapa waktu lalu. Kasus jenazah ditandu pake sarung aejauh 7 KM,” kata Saril Ch.

Selain itu, ia juga mengatakan jika pemerintah Bulukumba betul betul berdiri atas amanah rakyat dengan insiden yang terjadi di wilayahnya, maka perlu ada regulasi yang jelas ke pemerintah pusat tentang evaluasi Peraturan Menteri Kesehatan No.71 Tahun 2013 pada Pasal 29 tentang Pelayanan Ambulance terhadap masyarakat.

“Pemerintah Bulukumba jangan bermain-main dan memandang sepeleh terhadap persoalan ini, melainkan pemerintah kabupaten¬† harus peka dan malu melihat kondisi pasca kejadian tersebut di wilayah kepemimpinannya bahkan masyarakat di luar dari wilayah kabupaten Bulukumba juga ikut tergugah,” tambah Saril dalam Orasinya.

Aksi penyerahan uang koin menggunakan ember hasil penggalangan, berharap diterima langsung Bupati Bulukumba, A.M. Sukri Sappewali, namun karena menghadiri undangan kementrian di Jakarta. Asisten 1 Bupati, Djunaedi Abdillah lah yang menerima.

“Kami berharap pemerintah agar tidak menyalahgunakan uang koin tersebut meskipun jumlahnya tidak cukup membeli 1 mobil jenazah, setidaknya masyarakat golongan menengah kebawah ikhlas membantu pemerintah dalam pengadaan mobil jenazah agar pelayanan maksimal dapat dirasakan seluruh masyarakat Bulukumba,” Tutup saril Ch. ( /Ar)