KKN Unhas Gelombang 96 Sukses Gelar Seminar Hama dan Tanaman di Desa Tanra Tuo Kab Pinrang

oleh
Desa Tanra Tua Pinrang
Kegiatan Seminar Hama dan Tanaman yang digelar oleh KKN UNHAS Gelombang Ke-96 di desa Tanra Tua Kabupaten Pinrang, Kamis 20 Juli 2017

Suara Lidik Pinrang,- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Hasanuddin Makassar (UNHAS) gelombang 96 sukses menggelar kegiatan seminar Hama dan Tanaman di desa Tanra Tuo Kecamatan Gempa Kabupaten Pinrang, Kamis (20/7/2017)

Desa Tanra Tua Pinrang
Kegiatan Seminar Hama dan Tanaman yang digelar oleh KKN UNHAS Gelombang Ke-96 di desa Tanra Tua Kabupaten Pinrang, Kamis 20 Juli 2017

Dalam kegiatan yang dihadiri langsung oleh Andi Asrul selaku Kepala Desa menghadirkan 3 kelompok pembicara yang terdiri dari KKN Mahasiswa Unhas,PPL desa Tanra Tuo dan penyuluh dari Dinas Pertanian Pemkab Pinrang.

Tim penyuluhan dari Dinas Pertanian Pemkab Pinrang dalam kegiatan ini memaprkan dengan jelas seputar dampak hama tikus dan penggerak batang dan bagaiamana cara menekan habitat tikus yang ada supaya produksi padi masyarakat desa tersebut menjadi lebih baik.

Dinas Pertanian meminta kepada petani bahwa khusus masalah hama penggerek batang yang banyak menyerang lahan padi petani akhir-akhir ini agar masyarakat segera memberikan informasi kepada PPL setempat agar bisa segera ditindak lanjuti.

Kamaruddin Yakub yang akrab disapa dengan bapak Yakub ini juga berharap agar masyarakat semakin kompak dalam membasmi hama serta harus di lakukan dengan serentak.

Beberapa peserta Seminar yang didominasi dari masyarakat petani agar disediakan suatu alat pembasmi hama yang dapat meringankan dan meningkatkan pendapatan petani di wilayah pertanian kabupaten Pinrang.

Sementara itu Andi Asrul yang dikonfirmasi tentang kegiatan seminar yang dilakukan oleh KKN Unhas ini menjelaskan bahwa dirinya menaruh harapan agar tingkat pendapatan khusus bidang pertanian semakin baik dari tahun ke tahun.

Salah satu mahasiswa KKN dari UNHAS menjelaskan jika kegiatan ini bertujuan untuk memberikan tambahan wawasan kepada masyarakat petani di desa Tanra Tuo seputar dampak Hama Tikus dan lainnya beserta pencegahan dan cara mengatasinya dengan cepat.

Hasil pantuan suaralidik.com, Kegiatan Seminar yang berlangsung kurang lebih 2 jam ini juga dihadiri langsung oleh Babinsa desa tanra tuo bersama dengan puluhan kelompok tani yang ada di desa tanra tuo. ( Echa/bcht)