banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

KKNT UNHAS Posko 8 Somba Palioi Menggelar Seminar Analisis Potensi Peternakan Desa

kknt unhas somba palioi

Bulukumba, suaralidik.com – Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) mahasiswa UNHAS menggelar seminar tentang cara berternak dan cara mengelolah kebun petani guna meningkatan kualitas di kantor Desa Desa Somba Palioi Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba pada Jumat (22/7) sore.

Seminar yang diikuti puluhan warga masyarakat Desa Somba Palioi ini dibuka langsung Dosen KKNT Posko 8 Ilham Syarif S.Pt, M.Si didampingi plt Kepala Desa Muh Ikbal.

Ilham Syarif dalam pemaparannya menjelaskan bagaimana cara petani mengembangkan peternakan melalui kerja sama dengan pemerintah desa.

Usaha ternak di desa memiliki prospek yang baik. Harga yang ditawarkan bisa bersaing oleh karena biaya produksi pada usaha peternakan di desa relatif lebih rendah.

Dalam sesi interaktif, salah satu warga meminta penjelasan tentang cara pengelolahan, kebun dan ternak yang baik.

“Minsalnya, bagaimana cara merawat tanaman yang bisa menhasilkan kualitas yang baik, contoh tanaman, durian, Cengkeh dan lain lain,” tanya Wawan sebagai salah satu peserta seminar.

Wawan menjelaskan, Durian sering di serang  hama sehingga hasil panen tidak sesuai harapan petani.

Mersepon ini, Ilham Syarif menjelaskan beberapa solusi untuk keluhan tanaman petani, salah satunya adalah menghadirkan penyuluh dari Dinas Pertanian melalui pemerintah desa.

“Agar tanaman petani bisa lebih produktif, tentu membutuhkan penanganan yang tepat dan penyuluh yang sesuai dengan jenis tanaman. Ini bisa dilakukan melalui sinergitas petani, Dinas terkait dan pemerintah desa,” jelas Ilham.

Pada seminar itu pula, Ilham banyak memaparkan pengalaman pribadinya sebagai peternak sapi.

Penjelasan seputar penggunaan pupuk kimia dan organik juga tak luput dalam seminar itu.