KM Sinar Hikmal 01 Karam Di Pulau Bahuluang Selayar

oleh
Ilustrasi

KEPULAUAN SELAYAR,SUARALIDIK.com- Sebuah Kapal Motor asal Makassar karam di Perairan Bagian Timur Pulau Bahuluang, Desa Bahuluang Kecamatan Bonto Sikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar pada Kamis (25/8/2016). KM bernama Sinar Hikmal 01 tersebut berangkat dari Pulau barang Lompo Kecamatan Ujung Tanah Makassar dengan tujuan Maluku.

Karamnya KM Sinar Hikmal 01 tersebut tidak menimbulkan korban jiwa bagi para ABKnya namun kerugian ditaksir mencapai Rp 700 juta lebih dimana KM Sinar Hikmal ini memuat barang campuran.

Diduga karamnya Kapal Bermotor yang di nakhodai Muh.Kasim tersebut diduga akibat patahnya kemudi ditengah laut yang saat itu cuacanya buruk.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Redaksi SuaraLidik.com dari Humas Polres Selayar, KM Sinar Hikmal 01 bertolak dari Makassar, Selasa, 23/8. Karena cuaca buruk, kapal sempat singgah di sekitar perairan Jeneponto. Keesokan harinya, mereka melanjutkan perjalanan dan tiba di perairan Bahuluang, Selayar.

Kemudian pada Kamis, 25/8, kapal nahas tersebut meninggalkan perairan Bahuluang menuju Pulau Kayuadi. Baru satu jam berlayar, tiba-tiba cuaca buruk menerjang yang membuat kapten kapal memutuskan memutar haluan kembali. Di saat itulah, kemudi kapal sehingga kapal tidak bisa diarahkan dan kehilangan keseimbangan. Beruntung, kapal itu tidak langsung tenggelam, sehingga ada jeda waktu yang membuat para awak kapal bisa menyelematkan diri dengan cara berenang. Sekitar 10 awak kapal akhirnya selamat setelah ada dua kapal yang melintas dan memberikan pertolongan. Para awak kapal itu pun dibawa ke pulau terdekat untuk diberikan perawatan.

abk km Sinar Hikmal yang selmat menadapat perawatan di Kantor SyahBandar
Korban ABK KM Sinar Hikmal saat mendapatkan perawatan di Kantor Syahbandar Kep.Selayar- Hand Over/SUARALIDIK

Berikut daftar nama-nama Nahkoda dan Abk Kapal adalah sbb:

1.  M. Kasim bin Dg, Cinnang ( Kapten Kapal ) umur 39 Thn
2. Idris bin Dg Cinnang, umur 33 thn
3. Baharuddin bin Dg. Cinnang, umur 36 thn
4. Hasan bin Saripuddin,
5. Dg. Tutu bin Dg. Coang ,umur 36 thn
6. Muh. Alwi bin Jading,
7. Rahman bin Samaluna, umur 38 thn
8 Muh Usman bin Udin,
9. Joko bin Dominus,
10. Rahmat Saleh bin Hasanuddin

Sementara muatan Kapal berupa barang antara lain Beras sebanyak 200 Krg / 20 kg, semen 100 zak /40 kg, semen asbes 50 lembar, barang campuran ( lemari, Kursi, kulkas, pakaian, tv, salon, sembako).

Kapolres Kepulauan Selayar, Ajun Komisaris Besar Said Anna Fauza,yang dikonfirmasi membenarkan kejadian karamnya KM Sinar Hikmal 01 tujuan Maluku tersebut dan menghimbau masyarakat agar pengguna angkutan laut memantau terlebih dahulu kondisi cuaca dengan cara mencari info di internet, BMKG dan Syahbandar. Tak kalah penting, kata Said Fauza dengan melengkapi kapal dengan alat bantu keselamatan seperti pelampung dan lampu tanda meminta pertolongan

Editor : Andi Awal-SuaraLidik
Sumber : Humas Polres Kep.Selayar