KMP Tunu Pratama Jaya 2888 Tunggu Penerbitan Izin Lintasan Bira Pamatata

oleh
KM tutu Prtama Jaya
KMP Tunu Pratama Jaya 2888 di Pelabuhan Pamatata, sementara menunggu Izin lintasan

Selayar,suaralidik.com – Hingga haritan ini, Kamis, 15 Maret 2018, Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Tunu Pratama Jaya 2888, belum ada tanda tanda untuk melakukan pelayaran di lintasan Bira Pamatata, pasalnya selain belum memiliki izin Lintasan dan sementara menunggu proses penerbitan.

KM tutu Prtama Jaya
KMP Tunu Pratama Jaya 2888 di Pelabuhan Pamatata, sementara menunggu Izin lintasan

Hal ini disampaikan pihak petugas ke Syahbandaran Selayar, Syamsul Bakhri, SE, kepada Wartawan di kantor UPP Kelas II Benteng, Kepulauan Selayar, Kamis, (15/3/18),

Kehadiran Armada milik PT. Raputera Jaya, KMP TPJ 2888, juga masuk Selayar tidak prosedural, diantaranya, selain dinilai tanpa pemberitahuan terlebih dahulu juga, belum memiliki beberapa dokumen diantaranya, ” Dokumen Penyesuaian Management Kapal”.

Selain itu juga Nakhoda KMP Tunu Pratama Jaya 2888, tidak memiliki Ijazah Radio atau boleh juga salah seorang anggota operasional yang khusus berijazah Radio.

Selain itu Perlengkapan lainnya, Sebagai pendukung, diantaranya, konstruksi lambung, permesinan dan sistim perlistrikan cukup baik.
Secara keseluruhan KMP TPJ 2888, laik dapat memuat penumpang sesuai sertifikat keselamatan penumpang yang masih berlaku

Hanya saja kata Syamsul Bakhri, bahwa, KMP Tunu Pratama 2888, masuk Selayar sebenarnya tidak prosedural. Hal ini juga menjadi catatan tersendiri bagi unsur terkait, misalnya Dinas Perhubungan Provinsi.

Idealnya sebuah Perusahaan Kapal sebelumnya harus ada persetujuan dari unsur terkait untuk penamhahan armada khususnya di lintasan Pamatata Bira.

Sekedar diketahui bahwa, besok rencananya akan dilakukan pertemuan dari unsur terkait dalam lingkup Kementerian Perhubungan, rencananya akan dilakukan pertemuan, diantaranya, Syahbandar Utama Makassar, Kadishub Selayar dan Bulukumba, Dishub Provinsi yang membidangi angkutan, Sekretaris Dishub Sulsel, BPTD Wilayah Sulselbar, Kepala UPT Pengumpan Regional Selayar dan Bulukumba.

Diahir penyampaiannya, bahwa, Kondisi Kapal KMP TPJ 2888, sudah sangat layak dan laik untuk melakukan pelayaran di lintasan Bira Pamatata. Mm

Sementara itu Kadis Perhubungan Kepulauan Sekayar, Andi Baso SH, MH, sewaktu ditemui melalui telepon, Kamis (15/3/18),

Dia katakan kapal KMP Tunu Pratama sudah melalui prosedur, bahkan sudah melalui Dishub.Prov. minta agar kapal ini didatangkan baru di Kaji sekarang sudah10 hari di Selayar dan baru akan dibahas besok,

Dicontohkan oleh Kadishub Kepulauan Selayar bahwa perusahaan lain yang beroperasi di lintasan Bira Pamatata tidak seperti ini. Langsung saja keluar persetujuan Izin Lintadanx.

Ini juga sesuai Hasil Dari Merine Inspektur Sahbandar Utama (***Ucok Haidir)