KNPI; Momentum Musda Menjadi Ajang Rekonsiliasi Gagasan

oleh

Bulukumba-Korwil KNPI Sulsel wilayah Bulukumba, Syamsul B Majjaga mengingatkan kepada pemuda Bulukumba untuk tidak larut dalam euforia simbolik semata. Tetapi harus mencoba keluar dari frame masa lalu untuk lebih produktif.

“Saya berharap ada rekomendasi konstruktif yang lahir pasca muskab KNPI, Supaya pemerintah betul-betul merasakan keberadaan lembaga pemuda. Kata Zul Majjaga. ” Secara pribadi saya berharap bahwa ini bukan sekedar momen seremonial penggantian ketua semata, tetapi lebih pada momentum konprontasi gagasan yang harus lebih menonjol dimomentun musda kali ini, Zaman terus berubah, sehingga mindset pemuda pun harus berubah,” zul, harapnya.
Lanjut zul, Pemerintah Kabupaten Bulukumba yang berkomitmen menjadikan Bulukumba sebagai pilar utama Sulsel, seharusnya menjadi momentum yang dapat ditangkap dengan baik oleh pemuda di Bulukumba, sebenarnya ini adalah tantangan bagi kaum muda untuk lebih pro aktif menjemput bola. Pemuda tidak lagi sebagai penumpang tetapi harus menjelma sebagai lokomotif gagasan,” ujar Zul.

Arah berpikir pemuda bisa dengan model pendekatan resources yang dimi

Zul Majjaga
Zul Majjaga

liki daerah.
Bulukumba yang kaya disektor pariwisata misalnya bisa menjadi potensi unggulan yang digali oleh pemuda. Konprontasi gagasan yang kumaksud diatas kurang menonjolnya visi tentang gagasan kepemudaan dipra wacana musda.
Meski tidak meragukan kapasitas dan integritas para balon, Tapi saya tidak melihat pertarungan gagasan itu menonjol. Misalnya bagaimana telaah pemuda terkait dengan dinas pariwisata dan kebudayaan berganti nama menjadi dinas Pariwisata dan industri kreatif, Trus langkah solutif kedepan seperti menjembatani komunitas populer untuk gelar pesta komunitas atau bazar komunitas dan KNPI bisa menginisiasi ini sebagai bentuk sayembara ide komunitas terkait dengan destinasi-destinasi unggulan di sektor wisata di bulukumba. Kata Zul“,
“Jadi paling tidak begini bagaimana pemuda bisa mengubah paradigma berwisata dari menikmati menjadi marketing kepariwisataan, Maksudnya wisatawan yang datang tidak sekedar datang menikmati objek wisata, tapi kita dorong dia untuk menjadi marketing” ujarnya.

“Tugas pemuda kedepan harus mampu menjawab tantangan dan terlibat aktif dalam merealisasi apa yang menjadi program prioritas unggulan pemerintah hari ini”, kata Zul Majjaga, mengakhiri obrolan ini.
Saat dicomfirmasi di kantor DPD I KNPI Sulsel, kamis ,10-3-2016
16.00 wita.

Anto Lidik