Kodim 1411 Bulukumba dan Dinas Pertanian Canangkan Gerakan Tanam Padi Serentak

oleh
Dandim Bulukumba Tanam Padi serentak bersama Dinas Pertanian Bulukumba

SUARALIDIK.com,BULUKUMBA– Mengejar musim hujan yang sudah mulai turun ini, para petani diharapkan segera menanam padi. Hal ini dilakukan untuk mengejar target ketersediaan pangan nasional agar terpenuhi. Untuk itu Dinas Pertanian Kabupaten Bulukumba bersama Kodim 1411 Bulukumba, Senin (19/09/2016) melakukan gerakan tanam padi serentak di Kabupaten Bulukumba. “Hari ini merupakan Hari Penanaman Nasional, supaya para petani secara serentak menanam padi,”kata Kadis Pertanian Bulukumba Ir. Harun saat Pencanangan Gerakan Tanam Padi Serentak di persawahan di Dusun Lajae Desa Jojjolo Kecamatan Bulukumpa.

Menurut Harun, biasanya musim hujan mulai Oktober-Maret ( Okmar), namun tahun ini hujan baru turun pada akhir Agustus, sehingga para petani yang ketersediaan airnya tergantung hujan, dapat menanam padi pada September ini. “Musim tanam ini musim tanam Kedua, karena hujan baru mulai turun, maka para petani diharapkan memanfaatkan air semaksimal mungkin pada musim hujan ini,”imbaunya.

Harun menjelaskan, pada tahun 2016 Bulukumba ditargetkan bisa menyediakan lahan tanam padi seluas 22.458 hektar, namun realisasinya menurut Kadis Pertanian ini belum dapat di prkirakan karena laporan dari penyuluh belum rampung. Hal ini karena musim kemarau terlalu panjang, sehingga sawah-sawah yang tidak mendapatkan air, tidak bisa ditanami padi. Namun untuk produktivitas meningkat, dari target 6 Ton per hektar naik menjadi 6,5 Ton per hektar untuk tahun 2016.

Lahan yang kita target di Bulukumba ini seluas 22.458 Ha, dengan masa oanen 2 sampai 3 kali, dan hasil panen Meningkat dari 6 Ton pada Tahun 2015 lalu kini naik menjadi 6,5 ton per Ha, Petani masih melihat kondisi tanam apakah dia berada di Okmar ( Oktober-Maret ) atau Apdes ( April-Desember ) ” ujarnya kepada Redaksi SuaraLidik.com

Pihak TNI juga dilibatkan untuk menyukseskan program pangan nasional. Dandim 1411 Bulukumba Letkol Arm Sutikno,SPd mengatakan, TNI diwajibkan membantu menyukseskan program ketersediaan pangan nasional. Tugas TNI adalah memberikan motivasi kepada petani untuk menanam pajale, yaitu padi, jagung dan kedelai karena kebutuhannya belum terpenuhi. “Tugas TNI mendampingi petani, mulai dari menanam sampai panen dan menjaga distribusi pupuk ke petani supaya tercukupi,”jelasnya.

Dandim 1411 Bulukumba, Letkol Arm sutikno bersama ibu dan Kadis pertanian saat pencanagan Hari Tanam Serentak,Senin (29/9) di Dusun Lajae Desa Jojjolo -ANDI AWAL/SUARALIDIK.com
Dandim 1411 Bulukumba, Letkol Arm Sutikno bersama ibu dan Kadis pertanian saat pencanangan Hari Tanam Serentak,Senin (19/9) di Dusun Lajae Desa Jojjolo -ANDI AWAL/SUARALIDIK.com

Sutikno juga menyampaikan terima kasih dan puji syukur kehadirat Tuhan YME dan kepada seluruh undangan serta warga masyarakat yang hadir. Gerakan penanaman Padi serentak yang bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Bulukumba ini bertujuan untuk Mendorong Percepatan masa tanam menyongsong musim hujan tiba dan sekaligus mendukung Program Pemerintah dalam mensukseskan swasembada pangan tiga tahun kedepan dan diharapkan negara tidak perlu lagi untuk mengimport beras dari negara lain.

TNI hanya mendampingi dalam mengawasi pemerintah daerah dalam hal ini membantu Dinas Pertanian dan TNI turun untuk program UPSUS (Upaya Khusus ) ketahanan pangan yang diprogramkan oleh pemerintah ” ujar Sutikno kepada Redaksi SuaraLidik.com

Hadir dalam kegiatan tanam padi serentak di Desa Jojjolo anara lain Kadis Pertanian,Ir.Harun, Dandim 1411 Bulukuba, Letkol Arm Sutikno, Kasdim 1411 Bulukumba Mayor Arm Arfan.T, Kapolsek Bulukumpa AKP Abdi Nur, Danramil Bulukumpa Kapten Czi Sahabudin bersama Jajaran danramil se Bulukumba, Kepala Desa Jojjolo, Hj.Andi Marniati, Kasubag Bulog Abdul Kadir, Plt Camat Bulukumpa andi Asdar, Ketua Persit Cabang XXVIII Dim 1411 Buukumba, Ny.Tuti Sutikno, para PPL dan Kelompok Tani, GP Ansor Bulukumba, serta anggota gerakan pramuka yang ada di Bulukumpa.

REPORTER ; muhardi/andi awal

REDAKSI ; andi awal-suaralidik.com


Abdul Nazaruddin

Rujadi

H.Askar

Harris Pratama