Kodim 1421 Pangkep Adakan Latihan Posko I Jelang Pilkada 2018

oleh
Danrem 142/tatag, Kolonel Infantri Taufiq Shobri Saat Membuka Pelatihan Posko I

Pangkep, Suaralidik.com – Kodim 1421/Pangkep melaksanakan latihan Posko I, diikuti unsur komandan dan Staf Kodim 1421/Pangkep, berlangsung tiga hari. Pembukaan dilaksanakan di Makodim 1421/Pangkep, Rabu tadi, 20 Juni, oleh Danrem 142/Tatag, Kolonel Inf Taufiq Shobri.

Kegiatan Latihan Posko 1 merupakan salah satu metode latihan taktis tanpa pasukan , bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan komandan dan staf soal perencanaan, menyiapkan dan melaksanakan bantuan kepada Polri dalam rangka pengamanan Pilkada serentak tahun 2018, terutama yang ada di Pangkep. Ini sebagai salah satu wujud pelaksanaan operasi militer selain perang (OMSP).

Danrem 142/Tatag mengatakan, Pilkada dihadapkan dengan tuntutan tugas satuan yang semakin kompleks. Diharapkan bagi semua unsur komandan dan staf Kodim 1421/Pangkep dapat bertindak secara profesional, dan mampu berkoordinasi dengan semua stakeholder yang ada di daerah, sehingga dalam skenario Latihan Posko I ini diharapkan benar-benar realistis sesuai dengan dinamika kemungkinan terjadi.

“Konflik Pilkada dapat saja terjadi diwilayah Kabupaten Pangkep dan sekitarnya. Salah satu yang bisa jadi sebab, ketidakpuasan calon dan pendukungnya,” tandas Komandan Korem 142 Parepare.

Khususnya kepada penyelenggara latihan, Korem 142 Parepare perintahkan harus mampu mengarahkan realisme latihan Posko I Kodim 1421/Pangkep sesuai dengan dinamika yang sesungguhnya terjadi di lapangan, ciptakan realisme latihan melalui koordinasi, komunikasi, sinergitas hubungan komandan dan staf serta kerjasama instansi terkait, terutama dengan pihak Polres dan Pemda Pangkep sebagai pelaku tanding dalam mengatasi konflik Pilkada di wilayah,” pungkasnya. (86/jap)