Kominfo Beri Pelatihan TIK Pada IRT di Bulukumba

oleh
Bupati Bulukumba, A.M. Sukri A. Sappewali Ketiga Dari Kiri Bersama Utusan Kominfo (Pertama dan Kedua Dari Kiri) Di Hotel Agri Bulukumba, Selasa (14/03/2017)

Bulukumba, Suara Lidik – Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BBPPKI) Makassar memberikan bimbingan teknis (Bimtek) kepada para ibu rumah tangga (IRT) di Bulukumba. Sebanyak 50 orang IRT dilatih e-literasi mengenai Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang dilaksanakan di Hotel Agri, Selasa (14/03/2017).

Bupati Bulukumba, A.M. Sukri A. Sappewali Ketiga Dari Kiri Bersama Utusan Kominfo (Pertama dan Kedua Dari Kiri) Di Hotel Agri Bulukumba, Selasa (14/03/2017)

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan dasar pemanfaatan TIK secara produktif dan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan kaum perempuan terhadap TIK. Peserta dari PKK, ibu-ibu dari kelurahan dan dari majelis taklim.

Kepala BBPPKI Makassar Ruslan Harun mengatakan kegiatan pelatihan ini hanya dilakukan di lima kabupaten kota untuk tahun 2017 yaitu, Bulukumba, Parepare, Pinrang, Bantaeng, dan Toraja Utara. Menurutnya dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, maka pihaknya selama ini sudah konsen pada pengembangan sumber daya manusia, diantaranya pemberian beasiswa S2 dan S3, pelatihan aparatur terkait Chief Information Officer (CIO), pelatihan angkatan kerja muda, serta pelatihan e-literasi bagi ibu rumah tangga dan anak sekolah.

Bupati A.M. Sukri Sappewali. A. Sappewali yang membuka kegiatan ini menyampaikan bahwa penggunaan teknologi informasi di berbagai bidang adalah sebuah keniscayaan. Dulu yang dikatakan sebagai buta huruf adalah orang-orang yang tidak bisa membaca, namun sekarang di era kekinian, seorang itu dianggap buta huruf atau terbelakang jika tidak mampu menggunakan teknologi informasi, baik itu internet dan segala perangkatnya.

Dengan demikian, lanjut AM Sukri TIK juga dapat memberikan manfaat bagi kaum perempuan khususnya ibu rumah tangga, dimana TIK dapat meningkatkan produktivitas, membuka peluang ekonomi, meningkatkan taraf hidup diri dan keluarganya.

“Orangtua harus belajar agar dapat menggunakan alat komunikasi digital serta memahami segala kebaikan dan kerugiannya bagi anak, sehingga orang tua siap dan mampu mengarahkan dan mendampingi anak ketika mereka menggunakan alat komunikasi digital tersebut” ujar A.M Sukri Sappewali

Menurut Kadis Kominfo Bulukumba Rudy Ramlan, kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama BBPPKI Makassar dengan Kominfo Bulukumba sehingga semua elemen masyarakat dapat memahami manfaat dan efek negatif dari TIK. *Ulla/Bandhys*