Korem di Gorontalo Diambil dari Nama Pahlawan Nasional Nani Wartabone, Ini Alasannya

oleh
Foto : Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Mulyono bersama gubernur gorontalo Rusli Habibie saat melakukan peninjauan bangunan korem 133 Nani Wartabone kamis 13/09/2018

Gorontalo, Suaralidik.Com –  Penamaan korem 133 Nani Wartabone, diharapkan dapat menyuarakan semangat pantang menyerah, rela berkorban, Jiwa Patriotisme serta Nasionalme yang diwariskan Pahlawan Nasional Nani Wartabone dalam setiap langkah kita untuk membangun dan mewujudkan gorontalo yang maju, aman dan sejahtera.

Hal ini disampaikan Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Mulyono saat meresmikan korem 133 Nani Wartabone kamis 13/09/2018.

Jenderal Mulyono juga memberikan apresiasinya kepada pemerintah provinsi Gorontalo, dan pemerintah kabupaten kota, yang telah ikut andil dalam pembangunan korem 133/NWB.

“Saya berterima kasih kepada pemerintah daerah yang telah ikut andil untuk mensukseskan pembangunan korem 133, dan berharap agar para anggota TNI untuk terus menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah guna mendukung program dan aspirasi masyarakat secara besama sama, demi mewujudkan kemajuan Gorontalo,”tutur kasad.

Pihaknya juga mengingatkan bahwa selain TNI memiliki tigas pokok dalam operasi militer, juga memiliki tanggung jawab membantu pemerintah dalam membangun daerah.

“TNI punya tugas pokok dalam operasi militer, selain itu pula membantu pemerintah daerah dalam rangka melancarkan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”pungkas Jenderal bintang empat itu.

untuk melaksanakan itu, sebagai organisasi harus bisa memonitor fleksibel dan status yang berkembang sekaligus mengikuti tuntutan organisasi.

“Selaras dengan perkembangan, tadinya Kodam 13 Merdeka tidak ada, sekarang ada. kemudian Koremnya yang sudah menjadi satu dengan Kodam, nah itu flexibel, maka dari itu di kembangkanlah satu Korem 133 / Nani Wartabone,”jelas kasad angkatan darat.

Disisi lain wilayah Kodam 13 Merdeka sangat luas, dimulai dari Sulawesi Utara, Provinsi Gorontalo hingga Sulawesi Tengah. Sehingga dengan demikian luasnya wilayah yang harus diampuh oleh kodam, sehingganya dikembangkanlah Korem yakni 133/Nani Wartabone.

“Keberadaan korem ini harapan kita harus besinergi dengan pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan pembangunan dan kesejahteraab masyarakat.”harap Mulyono.

Sementara itu ditempat yang sama Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengucapkan terima kasih kepada kasad karena telah membangun sekaligus mengresmikan korem 133 /NWB.

“Pembangunan Korem 133/ Nani Wartabone sangat diharapkan oleh rakyat dan komitmen TNI terhadap indonesia dan masyarakat gorontalo tidak dapat diragukan lagi.”tutur Rusli.

Rusli Habibie juga menambahkan, bahwa pihaknya bersama TNI telah bersama sama membangun pertanian, pembangunan mahyani,penghijauan, sekaligus meningkatkan pengamanan dipolosok polosok desa.(***RDJ)