Korompot : Peran Orang Tua Sangat Penting Dalam Menghadapi UNBK

oleh

BOLMUT, Suaralidik.com – Dalam menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujian yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat melalui kementrian pendidikan dan kebudayaan sangat penting peran orang tua siswa.

Plt bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Suriansyah Korompot, SH

Terlebih menjelang UNBK yang tidak lama lagi akan dilaksanakan yakni April mendatang sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh Kemendikbud. Ini disampaikan Pelaksana tugas Plt bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Suriansyah Korompot, SH. Bahwa peran orang tua menjadi salah satu penentu kelulusan anak.

Selain peran guru di sekolah, Keberhasilan yang akan dicapai peserta dalam menghadapi UNBK menjadi tanggung jawab bersama. Sebab, kelulusan anak tidak serta merta ditentukan oleh pihak sekolah atau dinas pendidikan semata. Tetapi harus melalui dukungan dari pihak orangtua.

“Pelaksanaan UN tidak lama lagi akan berlangsung, Untuk itu diminta kepada orangtua agar mengawasi anaknya, terlebih dengan hiburan. Jangan sampai mereka ikut terlena dengan hiburan tersebut yang akhirnya berdampak buruk bagi peserta UNBK,”ajak Korompot.

Untuk itu Korompot menegaskan jika sekiranya kerjasama antara guru, siswa maupun orangtua dapat berjalan sebagaimana diharapkan, maka tentunya dipastikan bolmut lulus UNBK hingga 100 persen dapat tercapai.”Jika pencapaian kelulusan hingga 100 persen tentunya ini akan membuat nama daerah bolmut bisa diperhitungkan dikancah lokal, nasional maupun internasional, untuk itu pengawasan orangtua terhadap anak-anak calon peserta ujian sangat diperlukan mengingat UNBK sudah dekat”tegas Korompot.

Salah satu siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri I (SMP I) Kaidipang, Astuty Mokodompis ketika ditemui media ini mengaku telah siap dalam menghadapi UNBK nanti.”Ujian nanti bulan depan (April) saya dan teman-teman sudah mengerti cara-cara dalam mengisi jawaban di computer,”kata Astuty.(Sube/kemal).