KPA Appa Sulapa Ekshibisi Panjat Tebing di Mandala Ria Bulukumba

oleh

BULUKUMBA, Suaralidik.com — Pantai Mandala Ria, salah satu spot wisata yang terletak di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, memang banyak menyembunyikan pesona keindahan yang eksotis. Selain keindahan pantainya yang berpasir putih, di area ini juga terdapat banyak tebing karang yang membentang sepanjang pantau.

Hal inilah yang dimanfaatkan salah satu Komunitas Pencinta Alam (KPA), Appa Sulapa yang bermarkas di Makassar, Sulawesi Selatan.

Komunitas yang didominasi pemuda Bulukumba ini menggelar ekshibisi panjat tebing yang berlangsung 1 hingga 2 Juli 2017.

“Kegiatan ini melibatkan beberapa penggiat alam yang ada di Kabupaten Bulukumba,” kata Ifan Tamirul Ummah, ketua KPA Appa Sulapa.

Sasaran dari kegiatan ini adalah, selain dari pada mengeksplor keindahan pantai yang ada di Bulukumba terkenal memiliki banyak potensi tebing, cocok untuk digunakan sebagai wadah latihan panjat tebing, Ifan juga mengatakan pada ajang tersebut kita dapat menggali bakat hingga melahirkan atlet atlet panjat tebing khususnya di Bulukumba.

“Di Bulukumba punya segalanya, sayang kalau tidak di manfaatkan, makanya kami mengajak putra daerah untuk menggali bakat atlet,” tutur Ifan.

Dalam ekshibisi bersama tersebut juga, bukan hanya di isi kegiatan panjat tebing, namun di isi kegiatan lain seperti, pengenalan sejarah pantai Madala Ria oleh Muhanmis salah seorang budayawan lokal.

“Di sini, kami tidak hanya latihan memanjat, kami juga belajar mengenai pantai ini (Mandala Ria) yang kita ketahui bersama banyak sejarahnya,” ujar Ismail, salah seorang anggota KPA Appa Sulapa.

Yang menarik dalam ekshibisi KPA Appa Sulapa ini adalah, mereka menghadirkan salah seorang pemanjat tebing dari luar negeri, Mr. Graham asal Inggris.

“Untuk lebih memperdalam pengetahuan, kami sengaja mengundang Mr. Graham ke Bukukumba, ini jug ajang untuk promosi wisata,” ungkap Ismail. (*)