KPP-SPA Gelar Deklarasi Dan Dialog Di Bantaeng

oleh

Suaralidik.com – Bantaeng – Komunitas Perempuan Pedesaan Serikat Petani Alami (KPP-SPA) Butta Toa Kabupaten Bantaeng melaksanakan Deklarasi Organisasi dan Pelantikan pengurus KPP-SPA sekaligus dialog perempuan yang diselenggarakan di Baruga adat Gantarangkeke Bantaeng. 29/01/2017.

Dalam era mekanikal dan teknologi yang di terapkan dalam sistem pertanian seperti saat ini, menjadikan perempuan semakin termarjinalkan dalam bidang pertanian kita. Peranan mereka tergantikan oleh mesin mesin pertanian sehingga makin meningkatnya jumlah TKW tiap tahunnya ke luar negeri. Dan setiap tahunnya terjadi peningkatan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Menurut Sujarman SKPP-SPA di harapkan mampu mengorganisir dan memberdayakan perempuan di desa – desa dalam mewujudkan kedaulatan pertanian kita di Kabupaten Bantaeng

“KPP-SPA juga diharapkan mampu menekan angka kekerasan terhadap perempuan dan anak melalui pendidikan penyadaran sosial melalui organisasi ” beber Sujarman dalam sambutannya.

Kehadiran KPP-SPA di tengah-tengah masyarakat Bantaeng juga disambut baik oleh Hj.Nurhayati (pensiunan sekretaris Dinas Pertanian Bantaeng) dengan menyatakan diri siap bergabung dan membantu peran KPP-SPA dalam mengorganisir perempuan di 67 Desa dan Kelurahan yang ada di Bantaeng demi terwujudnya kemandirian petani dan pertanian di bantaeng seperti yang di sampaikan dalam diskusi sebagai salah satu narasumber diskusi perempuan KPP-SPA.

“Saya siap bergabung dan membantu KPP-SPA. Silahkan hubungi saya ketika adik adik membutuhkan saya, Insya Allah saya selalu siap ” terang Hj.Nurhayati dalam materinya

Selain Hj.Nurhayati, juga turut hadir dalam diskusi perempuan sebagai narasumber Hj.Mariani sebagai Konselon PUSPAGA PMD Bantaeng Beliau menyampaikan beberapa materi umum tentang peran pemerintah dalam meminimalisir tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak serta beberapa proses dan prosedur dalam menjadikan Bantaeng Sebgai kabupaten layak anak sejak 2015 lalu.

“Saya melihat kedepan peran KPP ini bersinergi dengan Puspaga PMD Bantaeng, apabila ingin berdisikusi lebih lanjut silahkan datang ke kantor atau menghubungi saya” jelas Hj.Mariani.(kemal)