KPU Bolsel Sosialisasi Tahapan Pemilu 2019

oleh
KPU Bolsel Sosialisasi Tahapan Pemilu 2019.

KOTABOMANGU, Suaralidik.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bolaang Mongondow Selatan menggelar sosialisasi tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang. Rabu (18/10/17).

KPU Bolsel Sosialisasi Tahapan Pemilu 2019.

Sosialisasi yang berlangsung di Hotel Sutan Raja, Kotabomangu tersebut dihadiri beberapa pihak yakni, Komisioner KPU Sulawesi Utara, Perwakilan pemerintahan Bolsel, perwakilan partai Politik, dan Panwaslu.

Ketua KPUD Bolsel, Zulkarnain Kamaru dalam sambutannya mengatakan, acara Sosialisasi ini sangat penting sebab para perserta pemilu diharapkan berperan aktif dalam penyelenggaraan pemilu yang akan dilaksanakan secara serentak pada tahun 2019.

“Peserta Pemilu adalah Partai Politik dan Partai Politik punya tanggung Jawa dan kontribusi yang sangat besar dalam mensukseskan Pemilu tersebut, semangat dan prinship yang berintregritas sangat diperlukan dalam perhelatan pesta demokrasi di 2019 nanti,” ujarnya.

Adapun perwakilan dari pemerintahan Bolsel diwakili kabag Hukum, Kadek Wijayanto dan kabag keuangan, Marzanzius Arvan Ohi, menyampaikan dalam hal peran serta pemerintah daerah dalam mensukseskan Pemilu, yang diantaranya adalah memberikan Banpol kepada Partai yang memiliki kursi di Parlemen.

Yang menarik dalam pemaparan materi dari Kabag Hukum dan Kabag keuangan adalah, bawah pemerintah Daerah Bolsel akan membuat satu aturan yg nantinya akan mengatur tentang SPPD bagi pengurus partai yang akan melaksanakan tugas diluar daerah yaitu Ketua, Sekretaris, dan Bendahara.

“Nanti besarnya akan disamakan dengan eselon IV bagi sekretaris dan seterusnya, tentu Partai yang memiliki Caleg,” kata Kadek Wijayanto dalam pemaparannya.

Sementara komisioner KPUD Provinsi Sulut, Ardiles mengatakan, Partai Politik adalah pemangku kepentingan dalam pemilu. Untuk menjadi peserta pemilu harus lolos pada satu tahapan untuk lanjut kepada tahapan selanjutnya.

“Sekarang kita berada ditahapan Verifikasi. 10 bulan sebelum tahapan pemilu dimulai Sosialisasi sudah harus di laksankan untuk mengoptimalkan pemilihan yang akan dilaksanakan di tahun 2019,” Kunci Ardiles. (SS)


Abdul Nazaruddin

Rujadi

H.Askar

Harris Pratama