Advertizing

banner 728x250

KPU Pohuwato Mengikuti Uji Coba Aplikasi SiRekap

Rollink Djafar - Tak Berkategori
  • Bagikan
Foto : Suasana Anggota KPU saat mengikuti percobaan SiRekap di aula B Gedung kpu. (foto:istimewa/Suaralidil.com)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengikuti uji coba aplikasi rekapitulasi secara elektronik (siRekap) untuk digunakan pada tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam pemilihan serentak tahun 2020, 24/10/2020.

Acara yang digelar secara virtual oleh KPU RI diikuti oleh 341 daerah peserta Pemilihan Serentak tahun 2020.

banner 728x250

Ketua KPU Rinto W. Ali mengatakan sistem tersebut akan melanjutkan Sistem Informasi Penghitungan Suara atau Situng KPU. Hal tersebut ditujukan untuk keterbukaan informasi sehingga publik bisa mengontrol hasil di setiap TPS.

“Hari ini merupakan hari kedua dilakukan simulasi, nanti setelahnya tentu akan dilakukan evaluasi apa kendala-kendalanya,” ucapnya .

Sekedar informasi, dalam sistem yang digunakan pada Sirekap, KPU menggunakan model gabungan Optical Character Recognition (OCR) dan Optical Mark Recognition (OMR). Nantinya proses rekap-el dilakukan dengan cara memfoto perolehan suara berdasarkan model C1 Plano OCR yang ditulis dengan angka dan OMR lalu ditulis dengan cara melingkari.

Beliau mengungkapkan, penggunaan teknologi informasi seperti siRekap penting untuk menjadikan pemilu transparan serta efektif dan efisien.

“Selama ini, proses rekapitulasi penghitungan suara hasil pemilu masih dilakukan secara manual dan berjenjang. Mulai dari tempat pemungutan suara hingga akhirnya ditetapkan pada tingkat nasional. Dengan adanya (siRekap) ini memungkinkan keamanan data dapat pertanggungjawaban terhadap publik terhadap hasil di setiap TPS nanti” ungkapnya

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *