KPUD Boltim Gelar Bimtek Jalur Perseorangan

oleh -
KPUD Boltim
Foto : Ketua KPUD Boltim bersama Anggota,(foto Istimewa).

BOLTIM, Suaralidik.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) secara bertahap melakukan pematangan tahapan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 nanti. Itu terlihat lewat bimbingan teknis jalur perseorangan melalui system aplikasi Sistem Informasi Calon (Silon).

Hal ini dibenarkan Komisioner KPU Boltim, Abdul Kader Bachmid, yang membidangi Divisi Teknis Pelaksanaan, Kamis (12/12/2019). Menurut Kader, aplikasi Silon ini nantinya akan dipergunakan saat tahapan verifikasi pencalonan mendatang.

“Hari ini bimtek penggunaan aplikasi Silon kepada calon perseorangan yang juga penyerahan mandat dari pasangan calon perseorangan,” ucap Kader.

Anggota KPUD Boltim
Foto : Anggota komisioner KPUD bersama peserta Bimtek,(foto Istimewa).

Lanjut Kader mengungkapkan, dalam bimtek yang dipusatkan di Sekretariat KPU Boltim ini, hanya diikuti satu bakal calon dari jalur perseorangan atas nama Robby Mamonto dan Rita Lamusu.

“Bimtek ini sekaligus penyerahan username dan password kepada LO (liaison officer) bakal calon perseorangan dari Robby Mamonto dan Rita Lamusu,” ungkapnya.

Dia mengakui aturan main untuk bakal calon perseorangan di Pilkada 2020 memang lebih ribet. Mereka harus mengumpulkan foto copy KTP sebanyak 5.532 untuk dijadikan syarat pencalonan yang tersebar pada empat kecamatan dari tujuh kecamatan se-Boltim.
Tak hanya sampai disitu, lanjut Kader, foto copy KTP kemudian harus dilampiri formulir B. 1-KWK. Berkas B.1 KWK adalah lembaran yang disediakan KPU sebagai penguat, dan membuktikan bahwa data itu memang benar-benar valid.

“Peserta harus dilampirkan beserta B. 1-KWK. Di situ nanti menjelaskan nama, alamat yang bersangkutan, pekerjaan, juga harus dipetakan tempat tinggalnya,” paparnya.

Hal senada yang disampaikan Ketua KPU Boltim, Jamal Rahman Iroth. Dirinya berharap, apa yang disampaikan dalam sosialisasi bisa dipahami dan dimengerti. Karena jika demikian, maka dipastikan tahapan pencalonan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati nanti akan berjalan lancar.

“Kalau semua paham dan mengerti aturan–aturan terkait, kami yakin tahapan ini tidak akan ada permasalahan,” pungkasnya.(Bob).

kpu BOLTIM
HUT Kabupaten Pinrang Ke-60