KPUD Bulukumba Sosialisasikan Tata Cara Pendaftaran Partai Politik Peserta Pemilu 2019

oleh
KPUD Bulukumba
KPUD Bulukumba : Sosialisasi tata cara pendaftaran Partai Politik (Parpol) Peserta Pemilu Tahun 2019, Senin (2/10/2017)

Bulukumba, suaralidik.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) kabupaten Bulukumba sosialisasikan tata cara pendaftaran Partai Politik (Parpol) Peserta Pemilu Tahun 2019, Senin (2/10/2017)

KPUD Bulukumba
KPUD Bulukumba : Sosialisasi tata cara pendaftaran Partai Politik (Parpol) Peserta Pemilu Tahun 2019, Senin (2/10/2017)

Sosialisasi yang bertempat di di Hotel Arini, Jl. Lanto Dg Pasewang Kel. Loka Kec. Ujung Bulu Kab. Bulukumba dihadiri sekitar 50 orang peserta yang terdiri dari Ketua Parpol/Pengurus peserta pemilu.

Hasil pantuan langsung suaralidik.com, hadir dalam kegiatan sosialisasi Ketua KPUD Bulukumba Azikin Pateduri,  Dari Komisioner KPUD Bulukumba Hasanuddin Salasa, Ambar Rusnita, Rahmawati dan Awaludin.

Sementara dari Komisioner Panwaskab Bulukumba tampak hadir Abd. Rahman, Bakri Abu Bakar dan Qadafi selaku Kasi Idpol Kesbangpol.

Dalam sosialisasi, Ketua KPUD Bulukumba menyampaikan bahwa Sosialisasi Tata Cara Pendaftaran Parpol Peserta Pemilu 2019 merupakan hal yang penting dalam mengawal proses Pemilihan sehingga masyarakat dapat mendapatkan haknya.

Disampaikannya, kalau KPU Provinsi Sulsel sudah melaunching tahapan Pilkada, olehnya itu diharapkan para Parpol peserta Pemilu dapat memahami dan melaksanakan tahapan Pilkada sesuai dengan regulasi yang ada.

Ketua KPUD Bulukumba juga menyebutkan kalau masih banyak Parpol melakukan pendaftaran pada saat mendekati limit yang ditentukan sehingga terkadang menyulitkan KPUD dalam hal pemeriksaan dan KPUD Bulukumba tetap membuka ruang kepada Parpol peserta Pemilu untuk berdiskusi terkait tahapan Pilkada.

Ditempat yang sama Qadafi selaku Kasi Idpol Kesbangpol Bulukumba, mengatakan bahwa Kesbangpol telah menerima 4 (empat) Parpol pendaftar baru di Kab. Bulukumba yaitu Partai Perindo, Partai Berkarya, Partai Idaman, dan Partai Garuda.

Dari Komisioner Panwaskab Bulukumba mengutarakan dengan jelas kalau proses Pemilu kali ini berbeda dengan Pemilu sebelumnya karena Pilgub, Pileg dan Pilpres secara serentak sehingga memerlukan ekstra kerja keras.

Sosialisasi Tahapan Pendaftaran Parpol peserta Pemilu tahun 2019 penting untuk kita cermati sehingga demikian dapat memudahkan kerja KPUD dan Panwaskab dalam melakukan verifikasi dan Pengawasan”, jelasnya

Dalam sosialisasi yang berlangsung hingga 13:00 WITA, KPUD menyampaikan juga kalau akan melakukan perekrutan PPK dan PPS diharapkan Parpol dan Masyarakat memberikan masukan terkait Profil calon PPK dan PPS tersebut.

Parpol diharapkan proaktif menyampaikan kepada KPUD terkait penyandang disabilitas karena selama ini informasi penyandang disabilitas masih minim.

Akhir sosialisasi, KPUD membuka sesi tanya jawab untuk semua peserta yang hadir dalam ruangan yang kemudian ditanggapi langsung oleh KPUD Bulukumba.*** (RGL/BCH)