KPUD Kepulauan Talaud Sosialisasikan Tatacara Pendaftaran dan Verifikasi Parpol

oleh
KPUD Kepulauan Talaud Sosialisasikan Tatacara Pendaftaran dan Verifikasi Parpol. Senin (2/10/17).

TALAUD, Suaralidik.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara menggelar Sosialisasi pendaftaran, penelitian, dan verifikasi faktual Partai Politik (Parpol) calon peserta pemilu tahun 2019 mendatang. di Aula KPUD Talaud, Senin (02/10/17).

Melalui penggunaan sistem informasi partai politik (Sipol), Sosialisasi itu dibuka langsung ketua KPUD Talaud Velma Sumee dan beberapa Komisioner yakni Rahma Zakawerus, Kader Talenggoran, Mexni Tamaroba, Alex Suruh dan sekretaris KPUD Nelwan Maloring.

KPUD Kepulauan Talaud Sosialisasikan Tatacara Pendaftaran dan Verifikasi Parpol. Senin (2/10/17).

Dalam pemaparannya Komisioner KPUD Talaud Divisi Hukum Mexni Tamaroba mengatakan, jelang pendaftaran Parpol peserta Pemilu tahun 2019 yang akan dimulai pada tanggal 3 sampai dengan 16 Oktober 2017 semua parpol diwajibkan mendaftar ke KPUD di daerah sepanjang ada kepengurusannya serta melakukan input dokumen pendaftaran lewat Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL).

Persyaratan Parpol sebagai peserta pemilu, urai Tamaroba wajib mempunyai kantor tetap kepengurusan, mengajukan nama lambang dan tanda gambar partai politik ke KPUD serta menyerahkan nomor rekening partai.

” Hal-hal ini perlu diperhatikan oleh masing-masing parpol,” kata Tamaroba dihadapan pimpinan dan pengurus Partai se Kabupaten Kepulauan Talaud.

Dalam sosialisasi ini juga diberikan kesempatan kepada para pimpinan dan pengurus partai untuk mengajukan pertanyaan terkait hal hal teknis pendaftaran dan Verifikasi Faktual Partai.

Ketua KPUD Talaud Velma Sumee mengatakan, Setelah sosialisasi ini diharapkan, parpol mengkonsolidasikan diinternal untuk memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

“Selanjutnya KPUD akan melakukan penelitian administrasi dan verifikasi faktual secara langsung ke lapangan untuk memastikan keabsahan data parpol dan keanggotaan, sesuai waktu yang telah ditetapkan,” terang Velma.

(Wan Pakaya)