KSPS, Federasi Tani; Kedaulatan Desa juga Kedaulatan Pangan

oleh

 

Bulukumba–Lidik Sulsel-, F

Armin Salassa, Saat Wawancara
Armin Salassa, Saat Wawancara

ederasi Tani, Bina Desa, KSPS, Serikat Tani Panitia Lobi, menggelar Refleksi Nasional Pengorganisasian Komunitas Pedesaan dan Konferensi Keda

Serah terima kepada pihak pemerintah rekomendasi hasil Konferensi
Serah terima kepada pihak pemerintah rekomendasi hasil Konferensi

ulatan Desa Sekabupaten Bulukumba.

Pada acara tersebut, terlihat ribuan orang menghadiri acara, dan juga peserta Pengorganisasian banyak dari luar daerah, luar Sulawesi, bahkan dari Filipina juta terlihat.

Acara penutupan, Minggu,30/05/2016, Sekjen Federasi Tani Sulawesi Selatan Armin Salassa mengungkapkan, “Motivasi kegiatan ini tak lain adalah untuk pengorganisasian komunitas pendampingan bina desa dan merumuskan peta jalan gerakan sosial pedesan yang mampu memjawab tantangan yang semakin kompleks di Negeri, Ini juga untuk mengajak seluruh petani untuk berdaulat, menjalin hubungan solidaritas antara petani dan saling bertukar informasi segingga terbangun dialektika pengetahuan di pada petani khususnya pertanian alami, agar juga masyarakat petani itu juga dapat mandiri dan terlepas dari ketergantungan dari poroduk-produk konvensional dan melakukan proses pertanian alami yang terjauh dari zat kimia sintetis”, Armin Paparnya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bulukumba, Ir. Harum saat dikonfirmasi ditempat, “pemerintah sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena kedaulatan desa adalah sebuah langkah yang tepat untuk kedaulatan pangan, karena didesalah petani itu ada. Dan dengan kegiatan ini, petani menjadi solid dan merancang segala aktivitasnya lebih produktif lagi, pemerintah khususnya dinas pertanian selalu siap untuk di ajak bekerja sama, dan mengembangkan apa yang telah direncanakan oleh petani”. Ir. Harum, Inbuhnya.

“Petani itu jangan pernah malu, karena petani itu lebih akan sukses jika serius menjalankan aktivitasnya yang konsisten, karena petani yang hebat itu yang berdaulat dan menjaga kualitas taninya dan produksinya, apalagi pertanian alami”. Kadis Pertanian, Tambahnya.

AL#