KTNA Lampung Tengah Dikukuhkan, Begini Pesan Loekman

oleh

LAMPUNG TENGAH, Suaralidik.Com – Dinas Pertanian Kabupaten Lampung Tengah menggelar pengukuhan pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) kecamatan di Kecamatan Punggur (28/11/2018).

Pengukuhan Dihadiri Bupati Kab.Lampung Tengah Loekman joyosoemarto, Ketua KTNA Hi.Supardi,para pengurus KTNA kecamatan sekabupaten Lampung Tengah,pejabat eselon 2,eselon 3,seluruh camat sekabupaten Lampung Tengah.

Kepala Dinas Pertanian Rusmadi menyampaikan bahwa kegiatan pengukuhan pengurus KTNA dari 28 kecamatan ini sudah berlangsung sejak tanggal 07 november 2018,dan hari ini merupakan terakhir yang berlangsung di Kecamatan Punggur.

Data yang disampaikan Dinas Pertanian menyebutkan untuk anggota KTNA yang telah dilantik seluruhnya berjumlah 600 Personil. KTNA membawahi  poktan sebanyak 5170 kelompok.  Sementara yang tergabung dalam Gapoktan sebanyak 339.

” seluruh anggota ini siap akan mendukung program Bupati Lampung Tengah Loekman joyosoemarto yaitu Program gotong royong,”beber Rusmadi.

Disebutkan pula, Kabupaten Lampung Tengah ini mempunyai Sawah kurang lebih 81 ribu Ha. Terdiri dari 57 ribu Ha sawah Irigasi dan 22 ribu Ha lebih itu lahan ladang hujan dan 121 ribu Ha lebih itu lahan kering.

Disisi lain, KTNA di Lampung Tengah dilaporkan oleh ketua KTNA Kabupaten Lampung Tengah Hi.Supardi, beberapa tahun yang lalu telah mati suri.

Bupati Kabupaten Lampung Tengah Loekman mengatakan bahwa pembangunan Pertanian masih menjadi prioritas utama pemerintah pusat termasuk di kabupaten Lampung Tengah.

Beberapa waktu lalu, kunjungan Presiden Republik Indonesia bapak jokowi widodo ke Lampung Tengah, telah diusulkan untuk pencetakan sawah baru yang pertama di Kecamatan bandar mataram sekitar 3500 Ha. Kedua, di kecamatan Bumi Nabung yang luas lahannya kurang lebih 1500 Ha.

“mudah-mudahan usulan kita untuk pencetakan sawah baru ini dapat di kabulkan, yang pembiayaan nya oleh pemerintah pusat,”harap Loekman.

Dibidang peternakan, Bupati Lamteng telah memerintahkan Kadis Peternakan  untuk mengembangkan budidaya bebek/ itik.

“Permintaan daging bebek itu semakin hari semakin kedepan itu semakin maju,untuk dijadikan bebek goreng maupun yang lainnya,”ungkap Bupati dengan bersemangat.

Sementara itu  di bidang perikanan ada terobosan pengembangbiakan ikan langka jenis ikan baung dan ikan jelaban.

“Saya dan kawan-kawan di kabupaten ini banyak bermimpi bapak ibu sekalian, bermimpi kabupaten lampung tengah menjadi yang terhebat, karena segala sesuatu itu diawali dari mimpi, kalau kita mimpi aja enggak bagaimana kita mau punya upaya untuk merealisasikan suatu keinginan,”tambah Bupati.(***edi doy)