Laga Perdana Piala Presiden, PSM Kalah

oleh

Lidik Bandung-Piala Presiden. Laga perdana Grup C Piala Presiden 2017 PSM Makassar melawan Persib Bandung Di Stadion Si Jalak Harupat, Senin (6/2/2017), Persib unggul 1-0 atas PSM.


Tim Juku Eja di babak pertama mampu mengimbangi Persib yang mendominasi permainan dan tidak ada peluang yang betul-betul membahayakan gawang kedua kesebelasan. Hingga babak pertama berakhir, kedua tim tak mampu menciptakan gol.

Di Babak kedua, pelatih Persib, Djadjang Nurdjaman, melakukan perubahan. Gian Zola dan Henhen Herdiana ditarik keluar untuk digantikan dengan Supardi dan Dedi Kusnadar. Keputusan itu membuahkan hasil, Persib memecahkan kebuntuan saat laga memasuki menit ke-60. Adalah Vladimir Vujovic yang mencatatkan namanya di papan skor. Ia mengkonversi bola sepak pojok Dedi Kusnandar dengan Sundulan keras.

Unggul 1-0 membuat Persib semakin percaya diri. Namun, PSM juga meningkatkan intensitas serangan untuk menyamakan skor. Di menit ke-68, Hamka Hamzah sampai maju untuk membantu serangan. Ia pun melepaskan tendangan mendatar dari luar kotak penalti yang masih bisa diantisipasi kiper I Made Wirawan.

Di menit ke-75, pelatih Robert Rene Alberts menarik keluar Rasyid Bakri dan memasukkan Syamsul Haeruddin.

Memasuki menit ke-77, Persib mendapatkan peluang emas untuk menggandakan keunggulan. Sayang, Shohei yang menerima umpan matang Febri dari sisi kiri serangan Persib gagal mencetak gol meski dalam posisi tak terkawal.

Tersisa waktu sembilan menit di waktu normal, pelatih Djanur menghabiskan jatah pergantian pemain terakhirnya. Ia menarik Erick Weeks yang tak berkutik sejak babak pertama. Sebagai gantinya, ia memasukkan Kim Jeffrey Kurniawan.

Di menit ke-87, PSM yang karena tak mampu menembus lini belakang Persib mulai frustrasi. Ghozali Siregar pun sampai melepaskan tendangan tak terarah dari luar kotak penalti. Padahal, banyak rekan-rekannya yang sudah menunggu untuk menerima operan.

Di menit-menit akhir, PSM mencoba untuk meningkatkan instensitas serangan. Bahkan, Hosseini Pouya sempat memiliki peluang di menit ke-90. Tendangan mendatar Pouya melenceng tipis di sisi kanan gawang Persib. Hingga akhir laga, keunggulan Persib 1 – 0 tak berubah. (*)