Banyak Berita Bohong, Lakpesdam NU Sinjai dan RTIK Sulsel Sosialisasi Tentang Hoax

oleh
Lakpesdam NU dan RTIK Sulsel Sosialisasi Tentang Hoax

Sinjai,suaralidik.com – Dua lembaga bersinergi memerangi Hoax atau berita bohong, yakni Lembaga Kajian Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) Nahdlatul Ulama (NU) Sinjai, dan Relawan TIK Sulsel. Sosialisasi gencar dilakukan untuk mencegah terjadinya kerawanan sosial.

Lakpesdam NU Sinjai dan RTIK Sulsel Sosialisasi Tentang Hoax,Selasa (20/2/2018)

Sosialisasi perdana dilakukan di SMAN 1 Sinjai, Selasa (20/2/2018) pagi. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala SMAN 1 Sinjai, A. Arifuddin. Dihadapan peserta didiknya, Ia menyampaikan pentingnya diadakan sosialisasi tentang bahaya Hoax.

“Internet itu seperti pisau bermata dua. Ada sisi negatif dan ada sisi positifnya. Olehnya itu anak-anakku sekalian, mari gunakan internet, media sosial dengan bijak. Ambil sisi positifnya, dan buang jika itu bernilai negatif,” pesan A. Arifuddin, saat menjadi Keynote Speaker sekaligus membuka kegiatan ini.

Kegiatan yang dimoderatori Sekretaris Lakpesdam PCNU Sinjai, Muhammad Salih, diisi dengan materi berjudul ‘Hoax: Ciri-ciri dan Dampak yang Ditimbulkan’ yang disampaikan oleh Ketua Relawan TIK Sulsel, Zainal Abidin Ridwan.

“Ciri-ciri dari Hoax antara lain kalimatnya sugestif dengan tujuan memengaruhi pembaca untuk membuka dan membagi kabar tersebut. Umumnya penyebar Hoax menggunakan huruf kapital dan tanda seru pada judul berita atau postingannya untuk menarik perhatian,” jelas Zainal dihadapan seratus orang pelajar SMAN 1 Sinjai, sekaligus mengajak para peserta untuk cek dan ricek informasi sebelum berbagi.

Hadir pula pada sosialisasi ini, Kanit Sosial Politik Satuan Intelkam Polres Sinjai, Aiptu Agus Indrawan, serta sejumlah pengurus Lakpesdam PCNU Sinjai.(MCS/BCHTAaNd)