LAKRI Soroti Galian C Desa Salimandungan Yang Diduga Tak Memiliki Izin

oleh -
Galian C
Foto : Aktifitas galian C di desa salimandungan kecamatan Bolaang, Kabupaten Boltim,(foto istimewa).

BOLTIM, Suaralidik.com – Aktifitas galian C di desa Salimandungan Kecamatan Bolaang Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) yang dikerjakan oleh PT. Berlian Aseal’s Murni disorot Direktur Lembaga Anti Korupsi Republik Indonesia (LAKRI) Andi Riyadi, pasalnya diduga aktifitas galian C tersebut tak memiliki izin.

Selain tak memiliki izin, kata Riyadi aktifitas tersebut telah merusak Daerah Aliran Sungai (DAS) yang cukup parah, akibatnya terjadi Abrasi dan merusak lahan perkebunan warga yang diketahui bernama Siska Daeng Masenge warga Desa salimandungan satu kec bolaang.

Ia-pun (Andi Riyadi) Meminta pihak terkait yaitu Dinas Lingkungan Hidup (DLH) , Pihak Kepolisian agar menertibkan galian C yang diduga tak memiliki izin dan dampak dari itu merusak lahan perkebunan milik warga, tandasnya.

Sementara itu Kepala DLH Abdul Latif saat dikonfirmasi melalui selulernya pada selasa (10/9) terkait aktifitas galian C di Lokasi tersebut, belum bisa memberikan tanggapan terkait hal itu, menurut istrinya bapak belum boleh diganggu karena sedang sakit.

Sementara itu pemilik lahan Siska Daeng Masenge saat dikonfirmasi terkait kerusakan lahan perkebunan miliknya akibat galian C tersebut mengatakan, sejak aktifitas galian Csejak dari tahun 2015 saya mengalami kerugian yang cukup banyak.

Pertama lahan perkebunan saya jauh berkurang , selain itu juga tanaman pohon kelapa banyak yang roboh akibat akktifitas galian C tersebut sehingga saya meminta pada Ko Yap selaku Owner PT .BAM agar segera lakukan ganti rugi yang saya alami.

Disinggung apakan pernah ada jalan damai atau pembicaraan yang dilakukan oleh pihak perusahaan terhadap anda, Ia-pun menjawab bahwa sejak aktifitas itu dan mulai terjadi abrasi saya (Siska) sudah beberapa kali menghubungi pihak perusahaan, namun selalu dijawab Tanya sama ini, sama itu, dan sampai sekarang tidak ada jawaban yang pasti dari mereka (Perusahaan), tandasnya,(Bob).