banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

Laman PPDB Error, Kadisdukcapil Susel : Ada Yang Coba Masuk Server Kami

PPDB - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) Sulsel

Makassar, SuaraLidik.com – Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) reguler SMA/SMK se-Sulawesi Selatan Tahun ajaran 2021 dimulai hari ini, Senin (14/06/2021) hingga Kamis (08/07/2021) mendatang.

Namun baru hari pertama dimulai, laman https://sulsel.siap-ppdb.com terjadi error. Terjadi gangguan terkoneksi data kependudukan Provinsi Sulawesi Selatan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) Sulsel, Sukarniaty Kondolele saat dikonfirmasi, membenarkan hal tersebut.

“Ia benar mulai eror pada hari jam 10.00-11.00 wita,” kata Sukarniaty pada Senin (14/06/2021).

Jadi pertama persoalannya sempat IT-nya Telkom terblaklist, karena begitu banyaknya permintaan dan juga termasuk begitu beratnya akses sampai 3 ribu akses per menit.

Sepertinya ada yang mencoba masuk ke server kami, ada yang tidak berkepentingan masuk ke server kami dan mencoba menarik data kami sehingga eror.’jelas Sukarniaty’.

Namun Sukarniaty menjelaskan, tidak ada kebocoran atas insiden itu. “Tidak adaji kebocoran, makanya sementara diperbaiki,”ungkapnya.

Sementara itu, Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel telah menyiapkan mekanisme pendaftaran bagi calon peserta didik baru.

Meski sempat dipusingkan dengan belum keluarnya Peraturan Gubernur (Pergub) terkait PPDB, Sekertaris Dinas Pendidikan Sulsel, Heri Sumiharto mengatakan, jadwal PPDB SMA/SMK tahun ini sesuai jadwal yang ada.

“Insya Allah mulai hari ini, semoga semua berjalan lancar dan aman,'”ujar Heri Minggu pada (13/06/2021) pagi.

Di tempat berbeda, Ketua PPDB Sulsel 2021 Idrus mengatakan, terkait mekanisme pendaftaran PPDB Sulsel tahun ini, pendaftaran dilaksanakan dengan mekanisme dalam jaringan atau daring.

“Mekanisme lewat daring, dimana dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan persyaratan diunggah ke laman pendaftaran PPDB yang telah ditentukan yaitu https://sulsel.siap-ppdb.com.”jelasnya.

Ia juga menambahkan, Sekolah yang menyelenggarakan mekanisme luar jaringan (Luring) adalah sekolah yang berada pada kawasan 3T (Remote Area) dengan melampirkan foto copy dokumen yang dibutuhkan sesuai persyaratan.