PemprovSulsel Pemkab bantaeng
Berita  

Lampaui Target Nasional, Wali Kota Danny Raih Penghargaan BIAN 2022

Wali Kota Makassar, Ir. Moh. Ramdhan Pomanto, Menerima Penghargaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022, dari Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, di Halaman Rujab Kantor Gubernur Sulsel, Kamis 17 November 2022.

Makassar, SuaraLidik.com – Wali Kota Makassar, Ir. Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto meraih penghargaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022.

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman usai melaksanakan upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke – 58 tahun 2022, di Halaman Rujab Gubernur Sulsel, Kamis (17/11/2022).

BIAN merupakan kegiatan pemberian imunisasi tambahan Campak Rubella bagi anak usia 9 bulan sampai dengan kurang dari 12 tahun tanpa memandang status imunisasi sebelumnya.

Kota Makassar sendiri sudah mencapai 96,36 persen dari sasaran sebanyak 290.773 dan sudah mencakup 280.188 anak. Angka ini melebihi dari target nasional yakni 95 persen.

“Alhamdulillah pencapaian ini luar biasa. Kita melebihi dari target nasional. Nasional menargetkan 95 persen tetapi kita sudah hampir menyentuh angka 97 persen,” ujar Danny.

Selain itu, Danny mengatakan bahwa tujuan dari pelaksanaan program BIAN adalah Indonesia bersama dengan negara lain berpartisipasi untuk mewujudkan komitmen global pencapaian eliminasi campak, rubella, dan Congenital Rubella Syndrom atau Bayi lahir dengan cacat bawaan tahun 2023.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Nursaidah mengatakan pencapaian ini berkat keseriusan Danny Pomanto dalam menghimbau dan memberikan strategi percepatan dengan teknik menjemput bola.

Salah satunya dengan melakukan sweeping door to door ke rumah-rumah warga dan pelibatan aktif para kader untuk memaksimalkan anak usia 9 bulan ke Posyandu.

“Jadi kita tidak menunggu orang datang buat diimunisasi, tapi kita maksimalkan betul datang ke rumah-rumah warga sekaligus sosialisasi pentingnya BIAN,” jelasnya.

Tak hanya itu, Nursaidah juga mengungkapkan untuk imunisasi anak usia sekolah tentunya bekerjasama dengan Dinas Pendidikan untuk menginstruksikan semua sekolah wajib diimunisasi BIAN sesuai umur yang menjadi sasaran semua sekolah.

“Jadi kami umumkan wajib diimunisasi BIAN sesuai umur yang menjadi sasaran. Makanya progress pencapaian kita cepat dan lebih dari target,” pungkasnya.(*)