Latani Siap Sejahterakan Petani Sulsel Dengan Konsep Pemberdayaan Sosial Ekonomi

oleh

MAKASSAR – Darmawan Syah Muin, tokoh muda tani didaulat oleh petani di Sulawesi Selatan khususnya di Kabupaten Gowa sebagai Ketua umum lembaga tani nasional mandiri (Latani). Kamis (16/11/17).

Darmawan Syah yang juga politisi Partai Gerindra Sulsel ini memiliki pengalaman di bidang pertanian sejak tahun 2000, bercita-cita untuk mewujudkan usaha pertanian di Indonesia, khususnya di Sulsel yang memiliki petani unggul. Ia berkomitmen bakal barorientasi pada pemberdayaan sosial dan ekonomi menuju petani sejahtera.

“Saya percaya, untuk mewujudkan cita-cita tersebut perlu adanya pengembangkan kelompok petani dan masyarakat dalam usaha dibidang pertanian dengan meningkatkan
kapasitas pengetahuan, sikap dan keterampilan kelompok petani dan masyarakat serta perlunya membangun aliansi strategis (jaringan) dengan berbagai pihak untuk memperkuat posisi tawar petani dan perusahaan dengan model kerjasama yang saling menguntungkan,” kata Darmawansyah.

Yang lebih penting lagi, lanjutnya, adalah mendorong petani mengelola usaha di bidang pertanian sehingga nilai jual hasil pertanian lebih meningkat.

Latani yang telah memegang surat keterangan terdaftar dari KemenkumHam akan melebarkan sayapnya di seluruh wilayah Indonesia, berbagi pengalaman utamanya pada inovasi baru di bidang pertanian.