Lepas Sambut Kapolres Pangkep Penuh Haru

oleh

Pangkep, Suaralidik.com – Kepolisian Resort (Polres) Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) menggelar acara Upacara Farawell atau Pisah Sambut. Pisah sambut tersebut antara AKBP Bambang Wijanarko kepada AKBP Tulus Sinaga sebagai pucuk pimpinan baru di polres Pangkep yang berlangsun di halaman Mapolres Pangkep Jalan Cendana kecamatan Pangkajene kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan berlangsung khidmat dan diwarnai rasa haru serta tangis para jajaran anggota polres Pangkep. Selasa (10/7/2018).

Suasana Lepas Sambut Kapolres Pangkep Yang Dihadiri Segenap Jajaran Polres Pangkep

Diiringi tarian adat sulsel dan pembacaan sajak puisi, nampak AKBP Bambang Wijanarko melangkahkan kaki menemui satu per satu personil polres Pangkep serta ibu-ibu bhayangkari, berjabatan tangan dan bergerak keluar meninggalkan Markas Polres Pangkep yang pernah dipimpinnya selama hampir 8 bulan lebih.

Tangis haru para personil polres Pangkep itu pecah saat momen salaman bersama, begitupun Tangis AKBP Bambang Wijanarko tak terbendung, saat berpamitan kepada jajaran perwira dan personel Polres Pangkep. Prosesi pisah sambut Kapolres Pangkep pun berubah jadi tumpahan kesedihan Bambang yang juga meminta kepada seluruh jajaran Polres Pangkep untuk tetap menunjukkan yang terbaik usai kepergiannya.

“Saya minta maaf segala kekurangan, kesalahan selama memimpin 7 bulan ini, saya hanya manusia biasa tidak luput dari kesalahan, meski raga tidak disini, tapi jiwa dan hati saya selalu ada untuk Pangkep, Meski saya hanya sebentar disini-Pangkep, tapi rasa kekeluargaan begitu mendalam. Tetap semangat, tunjukkan bahwa jajaran Polres Pangkep adalah yang terbaik”, kata Bambang terbata-bata sambil meneteskan air mata.

AKBP Bambang Wijanarko mengaku berat berpisah dengan seluruh jajarannya, meski diakui singkat, namun apa yang terjalin di polres Pangkep banyak memberi kesan pada dirinya. Usai acara lepas sambut AKBP Wijanarko melangkahkan kakinya keluar gerbang mapolres Pangkep sembari menyalami dan merangkul satu persatu Anggota Polres Pangkep yang pernah dipimpinnya dengan derai air mata sebagai rasa cinta mereka sebagai keluarga besar Mapolres Pangkep yang telah melekat dihati mereka.

Sementara itu AKBP Tulus Sinaga, menyebut Bambang Wijanarko telah membawa kesuksesan bagi Polres Pangkep dimasanya. Bahkan saat menjabat, Polres Pangkep masuk kategori terbaik dalam hal pelaporan media sosial. Dikatakan, bahwa prestasi itu bukanlah suatu isapan jempol, melainkan suatu realita fakta adanya. Dalam beberapa kesempatan lalu bapak Kapolda Sulsel Irjen Pol Umar Septono, menyampaikan dari hasil absensi, Polres Pangkep termasuk salah satu dari sembilan Satuan kerja (Satker) yang dianggap konsisten dalam sistem pelaporan, utamanya berkenaan dalam media sosial. Tulus juga mendoakan Bambang agar tetap berprestasi di tempat tugasnya yang baru.

“Mutiara, di dasar laut pun akan tetap menjadi mutiara. Jangan pernah ragukan dan sanksikan reputasi pak Bambang akan redup, dan ini menjadi doa kita semua, dan juga saya menitipkan diri untuk menjadi bagian dari keluarga dilingkup Polres Pangkep ini. Semoga kedepan kita terus menjadi yang terbaik, dengan kunci sinergi, mutual respek, saling mendukung, dan solid. Semata-mata untuk Polres Pangkep, masyarakat Pangkep, Polri dan NKRI” ujar Tulus.

Ditempat terpisah Kasat Reskrim Polres Pangkep, IPTU Deni Eko Prasetyo, mengakui kepribadian Bambang Wijanarko, dikenal sebagai pribadi yang agamais, religius dan tegas.

“Beliau pribadi yang sangat sayang dengan anggotanya. Ketegasannya pun menjadi motivasi bagi kami,”katanya.

Sebelumnya Kahar warga pulau yang ditemui diwarkop sahabat Pangkep, mengaku kaget dan sedih serta merasa kehilangan dengan bergesernya kapolres Pangkep, sebab menurutnya Bambang Wijanarko adalah salahsatu Kapolres terbaik dan paling dekat dengan masyarakat pangkep.

“Pak Bambang sudah banyak, berbuat untuk ketentraman masyarakat pangkep, beliau adalah salahsatu pimpinan polres terbaik yang pernah dimiliki Polres Pangkep, meski keberadaanya terbilang singkat di Pangkep tapi sudah melekat dihati masyarakat Pangkep dengan berbagai programnya yang menyentuh masyarakat.”Ungkapnya sedih.

Namun demikian Kahar menyadari hal seperti ini biasa terjadi di organisasi polri, dan berharap Kapolres yang baru nanti bisa lebih bekerja secara maksimal untuk ketentraman masyarakat Pangkep.

“Kami berharap dengan rotasi pimpinan yang baru ini, dapat memberi warna bagi wilayah Polres Pangkep dan senantiasa memberikan pelayanan prima sesuai tugas pokok dan fungsi Polri. Lebih dari itu dapat bersinergi dengan masyarakat,” pintanya.

Di akhir ucapannya, Kahar juga mengucapkan terima kasih atas dedikasi yang telah diberikan oleh AKBP Bambang Wijanarko terhadap kesatuan Polres Pangkep dan masyarakat pangkep diharapkan semakin sukses dan dapat membanggakan institusi Polri di tempat tugas yang baru. tukasnya. (iwank86-KP)